Mari Persiapkan Masa Pensiun Sejahtera Kita, Ini Caranya (Part 2)

Mari Persiapkan Masa Pensiun Sejahtera Kita, Ini Caranya (Part 2)

Persiapan menghadapi masa dimana fisik sudah tidak sekuat masa muda, sebaiknya memang dilakukan saat fisik masih muda. Pada saatnya nanti kita akan sadar bahwa masa muda adalah investasi untuk masa tua. Untuk selanjutnya kita bisa melakukan hal-hal berikut ini.

Berinvestasi di Luar Dana Pensiun

Walaupun kita sudah memiliki persiapan dana pensiun, jika masih memungkinkan milikilah investasi lain. Jadi, jika suatu saat kita membutuhkan uang, kita tidak perlu mengambil dana pensiun kita dimana dana pensiun yang diambil lebih awal biasanya akan ada penalti yang mana akan merugikan kita. Pertimbangkan membuka rekening deposito berhadiah di BPR Jawa Tengah agar investasi kita lebih aman untuk masa pensiun nanti.

Persiapkan Pekerjaan Sampingan

Hal ini terutama bagi anda yang mempertimbangkan untuk pensiun dini. Pekerjaan sampingan selain dapat membuat kita lebih aman secara finansial, hal itu juga baik untuk mengisi aktifitas di masa tua agar terthindar dari kepikunan. Masa senja yang kurang aktifitas memicu perlemahan otak sehingga akan lebih mudah pikun. Secara fisik mungkin bisa kita kurangi aktifitasnya, namun secara mental dan pikiran sebaiknya tetap kita pertahankan tetap tajam.

Pilihlah Tempat Tinggal yang Lebih Hemat

Memiliki rumah mewah atau tinggal di perumahan elite tentu akan membutuhkan biaya perawatan yang lebih tinggi. Jika memang tidak terlalu dibutuhkan, mengapa tidak kita hemat saja untuk tabungan masa depan kita. Sayangkan jika uang tersebut hanya untuk gaya hidup dan gengsi semata, sedangkan masa tua kita masih belum ada jaminan.

Juga hindari bertempat tinggal di daerah yang pajaknya tinggi. Beberapa wilayah memiliki tingkat pajak yang lebih rendah dari wilayah lainnya, sehingga kita bisa menerapkan pola hidup yang lebih hemat dan juga sederhana di masa pensiun nantinya.

By |2017-06-01T04:02:28+00:00September 5th, 2016|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment