Investasi di Pasar Modal Mampu Mengimbangi Inflasi

Investasi di Pasar Modal Mampu Mengimbangi Inflasi

Mapan secara finansial di masa depan adalah impian banyak orang. Maka kita mengenal yang namanya investasi. Investasi ini tidak lain tujuanya adalah untuk mempersiapkan tabungan masa depan untuk mengadapi ketidakpastian di masa depan terutama dalam hal finansial.

Berinvestasi di pasar modal juga termasuk salah satu yang dapat kita lakukan demi menjamin kemanan finansial kita di masa depan. Setidaknya ada dua manfaat yang secara umum didapat dari keberadaan pasar modal, yaitu sebagai sarana atau sumber pendanaan bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis yang dijalankannya dan sebagai sumber untuk mendapatkan tambahan dana bagi masyarakat

Investasi di pasar modal memang sangat menggiurkan. Return yang diperoleh paling tinggi daripada pilihan investasi yang lain. Namun, tingkat risiko yang ditanggung pun juga terbilang tinggi. Hal ini sesuai dengan hukum bisnis dimana potensi return tinggi selalu diikuti dengan resiko yang cukup tinggi pula.

Inflasi di Indonesia cenderung berubah-ubah. Lebih sering meninggi ketimbang menurun. Kalau sudah naik, dampaknya terasa sampai ke harga-harga barang kebutuhan. Itulah sebabnya tiap tahun pendapatan naik menyesuaikan dengan laju inflasi. Terkadang besaran kenaikan pendapatan tidak terlalu signifikan untuk menutupi kebutuhan.

Di sinilah pentingnya melakukan investasi. Namun, jangan sampai memilih investasi yang kurang memberikan keuntungan maksimal. Dibandingkan instrumen investasi yang selama ini telah dikenal masyarakat, investasi di pasar modal dengan membeli saham jauh lebih menguntungkan. Return yang diberikan mampu menyaingi tingkat inflasi.

Meskipun tidak stabil alias harganya berubah-ubah, saham yang bagus mempunyai nilai yang terus melonjak. Paling rendah return rata-rata saham setiap tahunnya sekitar 12%. Kalau ditunjang dengan kondisi perekonomian dan pasar yang baik, return rata-ratanya bisa mencapai 20%. Cobalah biarkan saham selama 10 tahun. Berapa besar total return yang didapat.

#tabunganmasadepan

 

By | 2017-07-14T07:39:46+00:00 July 12th, 2017|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment