Menghindari Gaya Hidup Impulsif

Menghindari Gaya Hidup Impulsif

Sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menabung. Hal ini terutama karena kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Maka menabung adalah salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan terutama pada sisi finansial.

Sayangnya kegiatan menabung ini bukanlah kegiatan yang mudah dilakukan. Menabung bukan sekedar menyimpan uang untuk kita gunakan nanti, namun lebih besar lagi yaitu menyangkut pengendalian diri kita. Dan salah satu sifat yang sangat mengganggu hal ini adalah kepribadian impulsif atau mudah terpengaruh.

Dalam kehidupan di era modern ini, ada begitu banyak godaan di sekeliling kita. Iklan digital melalui smartphone, lingkungan sekitar, atau di pusat hiburan seolah membuat kita sering tak sadar mengeluarkan biaya yang seharusnya belum kita butuhkan. Iklan-iklan tersebut semakin pintar dalam merebut perhatian dan pengaruh kepada calon konsumenya. Maka kalau kita memiliki kepribadian impulsif hal itu akan sangat berbahaya.

Gaya hidup mudah tergoda untuk membeli barang pada pandangan pertama seperti ini harus dikurangi. Kebiasaan ini biasanya berawal dari hobi jalan-jalan dan berbelanja yang berakibat organ visual kita mudah tertarik akan sebuah produk yang terlihat “eye catching”. Sebelum melakukan pembelian, pikir dengan matang, apakah memang benar-benar membutuhkan barang tersebut atau tidak.

Memang terlihat sepele, namun dari hal yang biasa tersebut jika tidak disadari dari awal akan membuat kita boros. Kebiasaan yang tidak baik akan mengarah pada karakter boros yang makin membudaya dan susah untuk dikendalikan. Oleh karena itu, bijaklah dalam mengelola keuangan dengan mengontrol kebiasaan berbelanja kita sehari-hari. Lebih baik kita pikirkan tabungan masa depan kita di BPR Jawa Tengah dengan berbagai produk tabungan yang menarik.

#bprjawatengah

By | 2017-10-13T07:06:42+00:00 October 13th, 2017|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment