Perbedaan Karakteristik Imbal Balik Investasi Deposito dan Emas

Perbedaan Karakteristik Imbal Balik Investasi Deposito dan Emas

Emas dan deposito memiliki karakteristisk yang berbeda dari sisi imbal balik investasi. Jika ingin melakukan investasi deposito, bisa dilakukan dengan deposito berjangka atau deposito on call. Sesuaikan ketentuan yang berlaku pada kedua jenis deposito tersebut dengan kebutuhan.

Deposito tetap adalah salah satu investasi yang paling populer dan bebas risiko. Ini tidak seperti instrumen investasi lainnya yang didorong pasar. Tidak ada risiko yang terkait yang berarti Anda dapat menarik uang kapan pun. Jika tidak, Anda akan mendapatkan jumlah yang pasti pada tanggal jatuh tempo.

Berbeda dengan investasi deposito, investasi emas tidak menghasilkan imbal balik dalam bentuk dividen atau bunga. Investor emas hanya mendapat keuntungan dari apresiasi nilai, yaitu kenaikan harga emas. Apresiasi nilai emas bisa jadi signifikan. Jika acuannya dalam hal Dolar AS, harga emas naik dari di bawah 300 Dolar AS per ons pada tahun 2001 menjadi lebih dari 1.500 Dolar AS pada tahun 2011. Pada periode yang sama, harga emas di British Pounds juga meningkat sekitar 400% .

Ada beberapa argumen yang mendukung kenaikan harga emas lebih lanjut karena kekhawatiran inflasi atau kembalinya krisis keuangan. Bagi banyak investor, tujuan utama berinvestasi di emas adalah cenderung untuk melestarikan uang yang diinvestasikan. Investasi emas sering berkinerja baik pada saat-saat sulit secara ekonomi atau selama krisis. Harga emas bisa turun, tapi tidak seperti saham, obligasi atau sekuritas lainnya, emas fisik tidak akan pernah kehilangan nilainya.

Baik tabungan masa depan berupa deposito maupun emas merupakan investasi yang memiliki tingkat keamanan investasi yang baik. Sehingga hal ini sangat disarankan bagi mereka yang masih awam dalam hal investasi.

#tabunganmasadepan

By | 2017-11-02T02:53:44+00:00 November 2nd, 2017|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment