Apakah Penting Menyiapkan Dana Darurat?

Apakah Penting Menyiapkan Dana Darurat?

Setiap orang akan memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengelola keuangannya. Hal ini akan dipengaruhi oleh berbagai kebijakan yang diterapkan dalam keuangan tersebut. Masing-masing orang tentu memiliki skala prioritas yang berbeda-beda. Dimana pos pengeluaran terbesar sangat mungkin akan ditujukan pada kebutuhan yang mendasar.

Dana darurat menjadi salah satu pos yang wajib diadakan di dalam keuangan baik pribadi maupun keluarga. Sebab dana ini sangat penting dan akan menjadi sumber dana di saat-saat yang tidak terduga. Meski telah memiliki anggaran keuangan yang tepat, namun akan ada kondisi tertentu di mana kita membutuhkan sejumlah dana di luar anggaran.

Dana darurat merupakan sejumlah dana yang disediakan dalam keuangan, di mana dana ini secara khusus digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi tak terduga dalam kehidupan. Artinya, dana ini hanya akan digunakan saat menghadapi hal-hal darurat yang tidak bisa diatasi dengan keuangan secara normal.

Dengan penjelasan di atas, jelas dana darurat menjadi dana yang sangat penting walaupun hanya akan digunakan pada saat-saat tertentu saja. Sebab berbagai kondisi darurat bisa terjadi kapan saja tanpa kita tahu sebelumnya. Pengadaan dana darurat ini dibutuhkan untuk mengatasi berbagai kondisi, seperti bancana alam, serangan penyakit tidak terduga, dan lain sebagainya.

Ada baiknya kita membangun dana darurat dengan cerdas seperti membuka rekening deposito berhadiah di BPR Jawa Tengah. Walaupun rekening deposito memiliki jangka waktu untuk penarikanya, namun kalau dalam keadaan mendesak kita dapat mengambilnya sewaktu-waktu walaupun akan ada sejumlah denda yang harus kita bayar.

#bprjawatengah

By | 2018-01-12T03:58:20+00:00 January 5th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment