Berapa Banyak Jumlah Dana Darurat yang Harus Dipersiapkan?

Berapa Banyak Jumlah Dana Darurat yang Harus Dipersiapkan?

Setiap orang tentu memiliki sejumlah kebutuhan dan pengeluaran yang berbeda. Hal ini akan dipengaruhi dari gaya Anda dalam memprioritaskan kebutuhan, mengingat masing-masing orang tentu akan memiliki skala prioritas yang berbeda-beda. Berbagai kebijakan ini akan membantu dalam mengelola keuangan dengan lebih tepat, di mana berbagai pos yang terdapat di dalam keuangan bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Dana darurat menjadi salah satu pos yang wajib diadakan di dalam keuangan, sebab dana ini sangat penting dan akan menjadi sumber dana di saat-saat yang tidak terduga. Meski telah memiliki anggaran keuangan yang tepat, namun akan ada kondisi di luar kendali kita yang bisa saja datang secara tiba-tiba.

Untuk itulah dibutuhkan sejumlah dana darurat sebagai bahan persiapan menghadapi hal-hal yang tidak terduga itu.

Dana darurat dapat diartikan sebagai sejumlah dana yang disediakan dalam keuangan, di mana dana ini secara khusus digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi darurat. Artinya, dana ini hanya akan Anda gunakan saat menghadapi hal-hal darurat yang tidak bisa diatasi dengan keuangan secara normal (sesuai anggaran tetap).

Dengan penjelasan di atas, jelas dana darurat menjadi dana yang hanya digunakan pada saat tertentu saja dan belum bisa diprediksi kapan dana tersebut akan digunakan. Namun meski demikian, pengadaan dana ini di dalam keuangan menjadi sangat penting, sebab berbagai kondisi darurat tersebut bisa saja terjadi setiap saat.

Sedangkan kalau dalam perjalananya kita tidak pernah menggunakan dana darurat ini, artinya tidak ada kondisi darurat yang mengkhawatirkan, maka kita bisa menggunakan dana darurat ini sebagai tabungan masa depan.

#tabunganmasadepan

By | 2018-02-01T02:27:06+00:00 January 23rd, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment