Mengelola Keuangan Keluarga Yang Baik Itu Seperti Apa Sih?

Mengelola Keuangan Keluarga Yang Baik Itu Seperti Apa Sih?

Tidak ada yang pakem dalam aturan mengelola keuangan keluarga. Semuanya tergantung dari banyak faktor yang spesifik di dalam keluarga itu sendiri. Namun yang perlu dipahami di sini adalah pentingnya kita menyadari hal ini sebagai suatu kebutuhan untuk mempertahanakn kondisi finansial keluarga yang stabil.

Jangan sampai Anda tidak tahu berapa jumlah tagihan listrik, telepon, servis mobil, belanja, biaya periksa dokter, bahkan isi tabungan dan lain sebagianya. Jika anda punya hutang, pastikan anda tahu berapa total hutang anda, termasuk cicilan rumah dan cicilan mobil.

Membangun keluarga memang impian banyak orang sebagai hal yang melengkapi hidup. Namun, masalah keuangan adalah hal yang sering dialami bagi keluarga muda di tahun-tahun pertama. Seringkali, masalahnya bukan terletak pada kurangnya penghasilan, melainkan kebiasaan mengelola uang yang salah. Berikut kami sampaikan tips mengelola keuangan keluarga secara sederhana, agar anda dan keluarga anda dapat terhindar dari masalah menejemen keuangan.

Susun rencana anggaran belanja keluarga. Buatlah rancangan anggaran yang realistis dan  obyektif untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan. Tidak masalah merencanakan pengeluaran pergi ke salon, spa atau clubbing asalkan masih menyisakan untuk tabungan masa depan keluarga anda. Yang penting, anda harus patuh pada anggaran yang sudah anda susun.

Menabung, menabung, dan menabunglah. Segera setelah menerima gaji, sisihkan uang anda untuk tabungan masa depan keluarga dalam jumlah yang telah direncanakan sesuai target finansial. Jika perlu, bukalah rekening deposito, terutama jika sedang ada promo deposito berhadiah.

Semoga dengan pengaturan keuangan yang baik di dalam keluarga membuat keluarga kita semakin harmonis.

#tabunganmasadepan

By | 2018-02-01T02:36:37+00:00 January 29th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment