Menabung Itu Tidak Sulit Kalau Kita Memulainya Dengan Cerdas

Menabung Itu Tidak Sulit Kalau Kita Memulainya Dengan Cerdas

Tidak seperti yang dipikirkan banyak orang, menabung itu tidaklah sulit. Tinggal kita sisihkan sebagian uang kita untuk kita nikmati di lain waktu. Ini seperti membangun kebiasaan baru. Kesulitanya adalah dia awal-awal pembiasaanya saja. Kalau kita sudah melewati tahap itu, tahap penyesuaian kebiasaan, maka kegiatan menabung bisa sangat mudah dan ringan untuk dilakukan.

Apalagi sekarang ini banyak sekali kita temui toko atau penjual yang menawarkan utang. Bagi yang berjiwa terlalu konsumtif, hal ini adalah kabar buruk. Kita bisa saja terjebak dalam jeratan hutang yang tidak kunjung lunas.

Maka kita harus mulai menyesuaikan gaya hidup yang kita jalani. Kecenderungan untuk memiliki barang secara kredit harus kita hindari dan memilih gaya hidup yang sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita.

Risiko ketidakmampuan untuk membayar utang akan lebih memberatkan pihak pemberi utang. Maka kita pun sering mendengar bagaimana perselisihan atau kasus yang terjadi antara pemberi utang dengan pihak yang berhutang. Jika kita tidak berhati-hati dalam berhutang maka akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kita tentu harus mengetahui kapasitas pribadi kita. Ketika nominal semua utang kita lebih tinggi daripada penghasilan kita, maka tinggal tunggu waktu bahwa masalah akan terjadi.

Budaya menabung harusnya lebih berkembang daripada budaya berhutang. Banyak masyarakat tidak sadar akan pentingnya mempersiapkan tabungan masa depan untuk kekuatan finansialnya di masa depan. Padahal sampai ada yang namanya deposito berhadiah guna menarik minat masyarakat untuk menabung.

#tabunganmasadepan

By |2018-02-27T09:09:29+00:00February 12th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment