Cegah Berhutang Dengan Menabung

Cegah Berhutang Dengan Menabung

Berhutang adalah langkah instan dan banyak orang pilih untuk menghadapi masalah finansial yang dihadapi. Namun tidak banyak yang menyadari bahwa cara ini mengandung beberapa resiko yang justru efeknya bisa seperti bumerang.

Sejak dahulu kala menabung adalah hal yang dianjurkan oleh banyak orang. Ada yang bilang menabung pangkal kaya, ada yang bilang bahwa menabung akan membuat kita aman dalam hal finansial. Apapun itu, tidak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan menabung memanglah membawa manfaat yang positif bagi pelakunya. Dengan tersedianya tabungan masa depan, tentunya dapat meredam kita untuk melakukan pinjaman uang, tentu hal ini setelah memenuhi kebutuhan kita terlebuh dahulu.

Tabungan tidak semata berbentuk uang. Bahkan ada yang berpendapat bahwa tabungan uang hanya akan membuat kita menanggung inflasi mata uang. Untuk itu, mulai untuk menabung jenis yang lain seperti investasi property, emas dan lain sebagainya.

Labih jauh, menabung bukan soal uang saja, namun bisa soal pengendalian diri dan sikap disiplin seseorang. Maka hal ini bisa menjadi solusi yang berdampak pada banyak hal. Termasuk kepribadian kita secara keseluruhan walaupun berawal pada kepribadian kita mengelola uang.

Maka pada akhirnya menabung dapat mencegah seseorang dari kebiasaan berhutang. Kita bisa mulai melatih hidup sederhana. Tidak serba boros. Hidup sederhan bukan berarti kita tidak mampu untuk hidup mewah, terkadang hal itu adalah sebuah pilihan. Setiap pilihan akan membawa dampak pada pemilihnya. Pilihana hidup serba mewah akan berdampak pada biaya dan harga yang harus anda keluarkan. Hal ini juga tidak semata urusan uang, masih ada hal lain yang membuat orang tetap memilih hidup sederhana ketimbang mewah.

#tabunganmasadepan

By | 2018-03-12T07:43:46+00:00 February 19th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment