Kita Harus Pandai Menanggulangi Sikap Konsumtif Kita

Kita Harus Pandai Menanggulangi Sikap Konsumtif Kita

Ketika kita memiliki banyak uang, ada kalanya kita merasa bahwa tidak ada salahnya kita membelanjakan uang kita untuk memenuhi beberapa keinginan kita. Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana kalau kita kemudian kehilangan kendali dan menjadikan itu sesuatu kebiasaan. Ketika seseorang memiliki kendali yang rendah terhadap pengeluaranya, itu disebut konsumtif.

Memang, budaya konsumtif ini tidak selamanya buruk. Budaya konsumtif diyakini dapat membuat roda perekonomian berputar dengan baik. Namun hal itu selayaknya diimbangi dengan kemampuan perekonomian yang baik pula. Jika budaya konsumtif ini berkembang pesat tanpa diimbangi kemampuan finansial yang baik, ujung-ujungnya adalah kredit macet.

Lihat saja, sekarang ini hampir semua barang kebutuhan sekunder dapat kita beli secara kredit. Dengan DP yang ringan kita dapat memiliki barang yang kita inginkan dengan hanya membayar DP. Ini sangat mendorong budaya konsumtif berkembang pesat. Juga dapat menjadi jurang untuk jeratan hutang.

Untuk itu , budaya ini hendaknya harus kita kendalikan. Terutama untuk pribadi kita sendiri. Bagaimanapun menabung adalah pilihan yang baik untuk mendapatkan hal yang kita inginkan. Jangan pernah menganggap kredit adalah solusi utama untuk kebutuhan konsumtif anda.

Masa depan harus dipersiapkan dengan matang. Tabungan masa depan dapat menjadi sarana untuk menjadikan masa depan anda cerah. Sekarang ini banyak jenis tabungan rakyat yang dapat anda manfaatkan untuk mempersiapkan tabunga masa depan. Adanya BPR Jawa Tengah yang terus berkembang pesat juga mejadi sarana kita untuk dapat menabung uang kita di bank dan dapat menanggulagi sifat konsumtif kita yang kontraproduktif.

#bprjawatengah

By | 2018-03-21T02:27:04+00:00 March 21st, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment