Sedikit Mengenal Apa Itu BPR Secara Umum

Sedikit Mengenal Apa Itu BPR Secara Umum

Di zaman sekarang masih banyak yang belum mengenal BPR padahal BPR ini sudah tersebar di seluruh Indonesia, tugas BPR hampir sama dengan bank konvensional lainya yang sudah dikenal masyarakat. BPR juga dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), BPR memiliki fungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan. Simpanan itupun bisa berupa giro, tabungan deposito, tabungan berjangka, sertifikat deposito, tabungan biasa, atau bentuk lainnya. BPR juga menyalurkan dana simpanan masyarakat tersebut dalam bentuk pinjaman atau kredit kepada para pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Pada prinsip-nya kegiatan Bank Pengkreditan Rakyat sama dengan kegiatan bank umum tetapi yang berbeda adalah jumlah jasa yang dapat dilakukan Bank Pengkreditan Rakyat, jumlah jasa-nya lebih sedikit dari jasa yang ada di bank umum. Atau dapat dikatakan bank yang bergerak di sektor mikro. Bank Pengkreditan Rakyat sangat diharapkan mampu menjadi penunjang pelaksanaan pembangunan secara nasional. Khususnya pada area Jawa Tengah yang sekarang semakin banyak BPR Jawa Tengah yang semakin berkembang.

Bank Pengkreditan Rakyat melayani kebutuhan masyarakat pada umumnya seperti nelayan, petani, pedagang, peternak, pengusaha kecil, pegawai dan pensiunan. Bank Pengkreditan Rakyat juga memiliki beberapa fungsi penting seperti menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan berupa deposito berjangka dan menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit investasi, kredit modal kerja, dan kredit perdagangan. Dengan seperti ini maka Bank Pengkreditan Rakyat dapat mewujudkan pemerataan layanan perbankan, pemerataan kesempatan berusaha dan pemerataan pendapatan.

#bprjawatengah

By |2018-05-24T03:03:34+00:00May 24th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment