Tips Pintar Menabung Uang Meski Gaji Pas-Pasan (Bagian 2)

Tips Pintar Menabung Uang Meski Gaji Pas-Pasan (Bagian 2)

Kita haruslah pintar-pintar dalam mengatur kauangan agar kita dapat mengumpulkan tabungan masa depan untuk masa depan kita kelak. Boleh saja kita menjalani gaya hidup mewah kalau kita sudah bisa mengatur keuangan kita dengan bijak.

Tabungan Otomatis

Tips ketiga agar Anda bisa tetap menabung meski gaji kecil adalah menggunakan layanan auto debit atau menabung secara otomatis. Ketika menerima gaji di awal bulan, maka perbankan akan langsung memotong dan memasukkan dalam tabungan sesuai jumlah yang Anda inginkan.

Jika Anda berani menggunakan layanan ini, Anda akan terkejut bahwa ternyata kualitas hidup Anda tidak berubah meski gaji telah dipotong untuk ditabung. Tanpa disangka, Anda juga akan terkejut melihat jumlah tabungan setelah satu tahun.

Berhenti Makan Di Luar

Setiap Anda makan di luar atau di restoran, pada dasarnya Anda telah membuang uang sia-sia. Makan di luar memang enak dan menyenangkan, namun sadarilah ini sama sekali tidak menguntungkan. Menurut studi yang dilakukan seorang psikolog dari kansas State University, dari 1 persen orang yang menghabiskan uangnya, 30 persen di antara mereka menghabiskannya di restoran atau makan di luar.

Nonton Film Di Rumah

Salah satu sumber pemborosan yang jarang disadari orang apalagi anak muda adalah menonton bioskop. Jika dihitung, biaya menonton bioskop cukup besar, apalagi jika nonton bersama keluarga atau pasangan. Tidak hanya itu, menonton bioskop biasanya juga diselingi dengan membeli makanan ringan dan minuman. Ini tentu menambah pengeluaran Anda.

#tabunganmasadepan

By |2018-07-11T09:14:16+00:00July 11th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment