Berapa Uang Yang Harus Anda Tabung Agar Masa Pensiun Anda Terjamin?

Berapa Uang Yang Harus Anda Tabung Agar Masa Pensiun Anda Terjamin?

Pasti Anda semua mengingat pepatah menabung pangkal kaya. Hal ini sepertinya memberikan kita gambaran yang jelas mengenai betapa pentingnya memiliki tabungan masa depan. Memiliki tabungan masa depan memang tidak menjamin Anda menjadi kaya, aplagi ukuran kekayaan seseorang berbeda-beda. Namun setidaknya masa depan Anda dapat lebih aman secara finansial jika tiba-tiba terjadi sesuatu.

Berapa banyak yang Anda tabung untuk masa depan atau investasikan akan menentukan apakah Anda bisa pensiun dengan nyaman atau tidak. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada jam 9-5 dan kemacetan. Semakin muda Anda memulai pensiun Anda, semakin besar angka yang harus ditabung atau investasikan. Sebaliknya, semakin lambat Anda pensiun, angka ini semakin mengecil.

Berapa banyak yang harus Anda tabung atau investasikan memang tidak sama untuk setiap orang. Namun, ada beberapa pakem yang disetujui oleh beberapa ahli keuangan seperti Fidelity atau Morgan Stanley. Menurut dua firma investasi ini, Anda setidaknya mempunyai simpanan sebesar gaji tahunan Anda ketika Anda berusia 30 tahun.

Jadi misal Anda mulai bekerja pada umur 23 tahun dengan gaji 7 juta/bulan. Gaji Anda meningkat pada umur 30 tahun menjadi 15 juta/bulan. Setidaknya, Anda mempunyai simpanan sebesar 180 juta ketika menginjak usia 30 tahun. Angka ini menjadi 2x lipat gaji tahunan ketika mencapai usia 35, 3x lipat di usia 40, 7x lipat di usia 55, dan 10 x lipat di 67. Angka ini tidak perlu berbentuk dalam uang kas tetapi bisa dalam bentuk simpanan properti atau harta tak bergerak/bergerak lainnya.

Menggunakan gaji Anda sebagai metrik digunakan untuk menyederhanakan perencanaan keuangan Anda dan membantu Anda menentukan apakah Anda berada di jalur yang tepat. Kalau metode ini terasa memberatkan, Anda bisa menggunakan metode dari Vanguard berupa menabung/ menginvestasikan pendapatan Anda sebanyak 12 hingga 15% setiap tahunnya. Metode-metode ini lagi-lagi tidak sama untuk setiap orang. Kalau Anda mempunyai metode lain dalam mengelola keuangan, mungkin bisa berbagi?

#tabunganmasadepan

By |2018-08-08T01:50:34+00:00August 7th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment