Langkah-Langkah Mengendalikan Pengeluaran Anda (Part 1)

Langkah-Langkah Mengendalikan Pengeluaran Anda (Part 1)

Pengeluaran yang berlebihan seringkali tidak disadari oleh mereka yang melakukannya dan baru akan terasa saat ada kebutuhan yang tidak mampu terpenuhi, karena uangnya sudah habis terpakai. Jika hal seperti ini terus Anda lakukan, maka tujuan keuangan akan sangat sulit tercapai dan bisa jadi uang yang seharusnya dikumpulkan untuk tabungan masa depan akan terpakai untuk pengeluaran yang tidak terkendali. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengendalikan pengeluaran.

Ambil Uang Sesuai Dengan Kebutuhan

Jika Anda berencana akan melakukan belanja bulanan atau mingguan di toko atau swalayan, sebaiknya ambil uang sesuai dengan keperluan belanja. Misalnya saja kebutuhan belanja Rp 1.000.000, maka ambillah uang sebesar nominal tersebut dan segera tinggalkan kartu debit dan kredit di rumah.

Ketahui Apa yang Membuat Anda Ingin Belanja

Faktor lain yang jarang disadari oleh masyarakat adalah saat mereka tidak mengetahui apa saja hal yang memicu mereka untuk membelanjakan uang. Sebab, Anda bisa dengan mudah membelanjakan uang saat sedang marah atau sedang bosan menunggu sesuatu. Anda bisa saja tidak sadar membelanjakan uang untuk membeli makanan ringan atau minuman bersoda di toko, saat menunggu seseorang. Padahal uang yang Anda belanjakan tersebut tidak ada di dalam anggaran belanja setiap bulannya.

Bawa Daftar Saat Akan Berbelanja

Tanpa adanya daftar belanjaan, sangat mungkin Anda melakukan pembelian diluar anggaran yang sudah ditetapkan. Atau bisa saja tanpa sadar melakukan pembelian barang yang tidak diperlukan sama sekali. Sebelum masuk ke dalam toko dan berbelanja, sebaiknya tuliskan apa-apa saja yang Anda butuhkan dan akan dibeli.

#tabunganmasadepan

By |2018-08-15T03:25:20+00:00August 14th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment