Alasan Mengapa Penting Untuk Mengelola Keuangan Dengan Benar

Alasan Mengapa Penting Untuk Mengelola Keuangan Dengan Benar

Banyak orang tidak bisa mengelola keuangan mereka. Padahal tata cara kelola keuangan bisa dilakukan dengan cara mudah, selama Anda punya keinginan untuk itu. Alasan pentingnya mengelola keuangan adalah untuk memastikan uang Anda dihabiskan ke tempat yang tepat, termasuk juga memastikan Anda punya tabungan masa depan yang nantinya akan sangat berguna bagi masa depan Anda.

Sisihkan uang setiap hari. Sedikit-dikit, lama-lama menjadi bukit. Filosofi tersebut bisa Anda terapkan setiap harinya. Uang sisa belanja maupun ongkos ke kantor yang Anda alokasikan setiap bulannya bisa Anda tabung.

Buat pembukuan. Dengan membuat pembukuan bulanan, Anda bisa mengetahui berapa uang yang harus dikeluarkan setiap bulan dan kemana saja uang mengalir. Membuat pembukuan juga bisa membuat Anda mengatur kebutuhan prioritas mana yang harus didahulukan. Dengan pembukuan yang teratur, keuangan Anda tidak mengalami besar pasak daripada tiang, alias pengeluaran jauh lebih banyak dari penghasilan.

Gunakan kartu kredit bila perlu. Banyak orang berpikir, menggunakan kartu kredit akan mengalami pemborosan dan tidak dapat menghentikan belanja. Anggapan ini memang ada benarnya bila Anda shopaholic.

Sebenarnya kartu kredit bisa digunakan dengan bijaksana karena memberikan banyak cash-back atau promo untuk produk tertentu. Ada kartu kredit yang bagus berbelanja grosiran yang pasti akan menghemat pengeluaran Anda.

Buat asuransi. Anda tidak mengetahui kapan akan membutuhkan uang dalam jumlah banyak karena hidup tidak bisa diprediksi. Nah, dengan membuat asuransi, Anda dapat kemudahan apabila membutuhkan dana darurat yang cukup besar misalnya saat sakit atau untuk membayar uang sekolah anak.

Menabung sejak dini. Kegiatan ini sebaiknya bukan Anda saja yang melakukannya. Tetapi juga dibiasakan untuk orang-orang di sekitar Anda. Misalnya ajarkan anak Anda menabung sedini mungkin untuk tabungan masa depan mereka. Apalagi sekarang banyak sekali program tabungan anak yang diterbitkan bank.

By |2018-09-19T07:33:36+00:00September 18th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment