Ciri-Ciri Anda Punya Manajemen Keuangan Yang Buruk

Ciri-Ciri Anda Punya Manajemen Keuangan Yang Buruk

Banyak orang yang tidak sadar kalau sebenarnya manajemen keuangan mereka buruk hingga baru menyadari ketika terlilit utang. Ya, salah satu tujuan orang mencari uang lewat bekerja maupun mendirikan bisnis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Untuk makan, bayar listrik, air, biaya sekolah anak dan memiliki tabungan masa depan.

Sayangnya, ada banyak orang yang tidak pernah bisa mengontrol belanjanya, padahal sebenarnya kebutuhannya sudah cukup. Karena hal itu banyak orang akhirnya terlilit utang dan menyebabkan hidupnya menjadi susah karena tidak memiliki manajemen keuangan yang baik. Nah, kalau anda penasaran,  langsung baca ciri-ciri manajemen keuangan yang buruk di bawah ini:

  1. Tagihan kartu kredit melebihi gaji bulanan

Kartu kredit seringkali dianggap sebagai penyelamat di saat kondisi genting. Misalnya saja untuk membayar tagihan rumah sakit. Sayangnya, kartu kredit seringkali digunakan dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Kalau seperti itu, siap-siap saja anda terjebak dalam lilitan utang di masa tua.

  1. Kerja bertahun-tahun tanpa punya tabungan

Kerja sudah bertahun-tahun, tetapi tetap gak punya tabungan. Padahal teman-teman anda yang lain sudah berlibur ke luar negeri atau membeli mobil. Kalau seperti itu, tandanya kamu memang tidak bisa mengelola uang dengan baik. Maka itu, tidak ada salahnya untuk memaksakan diri untuk menabung 10% dari gajimu saat ini setiap bulan.

  1. Tidak mencatat detail pengeluaran

Mencatat detail pengeluaran sangat penting agar manajemen keuangan anda  berjalan dengan baik. Pasalnya, manajemen keuangan tidak terbatas, jika anda lupa mencatat pembagian untuk pengeluaran anda. Dan bisa saja ada yang terlewatkan kalau gak dicatat. Kalau tidak dilakukan, anda akan merasa uangmu hilang begitu saja. Padahal, uangnya sudah anda belanjakan untuk membeli sesuatu.

  1. Gak bisa ketinggalan barang kekinian

Sudah tidak bisa dipungkiri kalau gaya hidup konsumtif sudah mendarah daging untuk kaum milenial. Membeli barang terbatu bahkan sudah seperti sesuatu hal yang wajib dilakukan. Hal itulah yang membuat anda perlahan tapi pasti jatuh ke jurang utang.

By |2018-09-19T07:49:45+00:00September 19th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment