5 Trik Menabung Yang Akan Menghemat Pengeluaran Anda

5 Trik Menabung Yang Akan Menghemat Pengeluaran Anda

Menabung sudah menjadi hal yang sangat umum dilakukan. Ada banyak alasan mengapa orang-orang menabung uang mereka. Contohnya ingin membeli rumah, mobil, atau sebagai tabungan masa depan yang berfungsi sebagai dana darurat di masa depan.

Nah, berikut ada 5 cara muda menabung yang akan menghemat pengeluaran anda juga.

  1. Buat list kebutuhan dalam sebulan. Dari sini anda bisa tahu pengeluaran mana saja yang bisa ditekan.

Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah membuat list kebutuhan selama satu bulan ke depan. Dari sini anda bisa tahu kebutuhan mana saja yang bisa dipangkas. Misalnya saja acara makan di tempat mahal bisa dihilangkan. Atau kebutuhan membeli sepatu dan baju yang kurang perlu bisa dipangkas.

  1. Hanya bawa cash 50-100 ribu di dompet dan harus cukup untuk 1-3 hari. Bila perlu tinggalkan kartu atm di rumah.

Biasakan untuk membawa uang cash sedikit di dompet. Ini merupakan cara sederhana menghalangi niat anda untuk membelanjakan uang. Misalnya saja anda hanya membawa 100 ribu di dompet. Selanjutnya buat target bahwa uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan selama 3 hari. Selain itu, tinggalkan juga kartu atm di rumah.

  1. Jajan boleh saja, tapi pastikan jangan makanan ringan. Kamu bisa jajan makanan berat supaya kenyangnya lebih tahan lama.

Meski anda harus hemat demi menabung untuk membeli laptop sendiri, tapi anda tetap boleh jajan kok. Namun, tentunya anda harus lebih selektif lagi dalam memilih jajanan. Daripada membeli makanan ringan yang gak mengenyangkan, anda bisa jajan makanan berat yang bisa membuat kenyang.

  1. Bawa air putih kemana-mana, supaya anda gak tergoda mampir mini market.

Minum merupakan kebutuhan manusia. Anda mungkin bisa menahan lapar, namun menahan haus bisa membuat tubuhmu dehidrasi dan itu cukup berbahaya. Untuk mengatasinya, cukup bawa bekal air minum kemana-mana. Selain sehat karena bisa memenuhi anjuran minum 6-8 gelas per hari, anda juga lebih hemat.

Membawa bekal air minum menghindarkanmu dari keinginan mampir ke minimarket demi membeli minum kemasan.

  1. Seminggu komitmen untuk menyisihkan 75 ribu. Dalam setahun anda sudah dapat 3,6 juta.

Selain membuat list pengeluaran yang bisa dipangkas, anda juga bisa menetapkan nominal yang harus disisihkan tiap minggunya. Mulai sekarang komitmen pada diri sendiri untuk menabung sebesar 75.000 dalam 1 minggu. Jika amda disiplin dan memegang teguh prinsip menabung, maka dalam sebulan kamu bisa mendapatkan 300.000. Dalam 12 bulan, tabungan anda pun sudah terkumpul 3.600.000.

By |2018-09-28T09:32:43+00:00September 28th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment