Anda Tetap Bisa Menabung Walaupun Gaji Anda Tidak Banyak

Anda Tetap Bisa Menabung Walaupun Gaji Anda Tidak Banyak

Demi bisa memupuk tabungan masa depan dalam jumlah besar, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menabung. Tapi bagi sebagian orang, menabung bisa menjadi perkara sulit. Hal ini terjadi terutama bagi mereka yang memiliki gaji yang kecil. Walau begitu, gaji pas-pasan bukan berarti tidak bisa membuat Anda menabung. Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan agar penghasilan yang didapat bisa disisihkan untuk keperluan mendatang. Berikut trik menabung gaji pas-pasan untuk anda.

Penting Untuk Merencanakan Anggaran Belanja Tiap Bulan

Sebelum berbelanja, biasakan terlebih dahulu untuk merencanakan anggaran yang ingin dikeluarkan. Hal ini untuk menghindari Anda untuk membeli barang-barang yang tidak penting.

Coba Beli Barang-Barang Bekas

Tidak selamanya barang bekas memiliki kualitas yang buruk. Apabila Anda pintar memilih, Anda pun bisa mendapat barang bekas yang masih bagus kualitasnya namun dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini pun akan sangat menguntungkan Anda dan bisa menambah jumlah tabungan.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kartu Kredit

Jika Anda masih belum memiliki penghasilan yang cukup, jangan mendaftarkan diri untuk memiliki kartu kredit. Tanpa perencanaan yang jelas, kartu kredit ini dapat membuat Anda memiliki sifat yang impulsif dalam berbelanja. Alih-alih dapat menabung untuk tabungan masa depan, uang Anda justru bisa ludes akibat terlilit hutang kartu kredit.

Gunakan Kendaraan Umum

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat lebih mudah adalah dengan menggunakan kendaraan umum kala bepergian. Tarif yang lebih rendah ini bisa membuat Anda dapat menekan pengeluaran.

Kumpulkan Uang Receh

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menabung walau memiliki gaji yang rendah adalah mengumpulkan uang receh. Uang kembalian yang biasa Anda terima setelah belanja bisa dikumpulkan untuk menambah jumlah tabungan masa depan.

By |2018-10-18T07:30:36+00:00October 10th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment