Beberapa Tips Jitu Agar Semakin Mudah Menabung (Bagian 1)

Beberapa Tips Jitu Agar Semakin Mudah Menabung (Bagian 1)

Menabung mungkin bagi sebagian orang adalah sesuatu yang sulit dilakukan, terlebih bila punya banyak utang dan cicilan bulanan. Saat mendapat gaji pun banyak orang yang bisa mempertahankannya hanya satu atau dua minggu ke depan.

Bahkan mirisnya hanya beberapa hari saja, selanjutnya gaji sudah habis, lalu untuk melanjutkan hidup harus berutang dan pakai kartu kredit lagi. Dengan dalih kondisi dan keadaan yang membuat uang cepat habis, padahal yang benar adalah, bagaimana cara Anda menyimpan uang. Terutama, jika bersedia mendisiplinkan diri dan mengubah kebiasaan lama.

Bagian tersulit untuk bisa membiasakan diri menabung memang ketika ingin memulainya, tetapi percayalah setelah melewatinya dan terbiasa, Anda pun akan menyadari betapa mudahnya untuk melakukan hal itu. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa menyimpan uang lebih banyak untuk tabungan masa depan.

Menghitung Pengeluaran Merupakan Hal Wajib

Langkah pertama saat ingin menyimpan uang adalah cari tahu berapa banyak uang yang dihabiskan setiap bulannya dan untuk apa saja uang tersebut digunakan. Menghitung pengeluaran mungkin hal sepele, tapi sebenarnya ini hal yang penting. Misalnya Anda seorang perokok, hitung berapa banyak dalam sehari menghabiskan rokok. Karena bisa saja ada pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Buat Anggaran Dengan Ketat

Setelah bisa menghitung perkiraan pegeluaran sehari-hari, mulai susun anggaran belanja yang bisa diterapkan selanjutnya. Anggaran yang dibuat setidaknya harus menjelaskan detail rencana belanja keperluan yang dibutuhkan. Kelemahan sebagian orang kadang hal-hal tak terduga seperti isi ulang gas, cuci mobil atau motor jarang dimasukkan dalam anggaran, karenanya belanja hal-hal seperti itu juga harus dimasukkan.

By |2018-10-18T08:07:04+00:00October 11th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment