Seberapa Besar Seharusnya Anda Menabung?

Seberapa Besar Seharusnya Anda Menabung?

Suka bingung, berapa seharusnya jumlah yang tabung setiap bulan? Ada berbagai teori yang menyatakan jumlah yang seharusnya kamu tabung setiap bulan setelah menerima gaji. Ada yang mengatakan 10 persen dari gaji, ada pula yang mengatakan 20 persen. Sejauh ini sih, belum ada standar baku atau perhitungan tertentu. Anda bisa menggunakan metode apa pun senyaman mungkin. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan terkait besaran tabungan. Jumlah tabungan dipengaruhi beberapa faktor termasuk tujuan atau fungsi tabungan di masa depan. Apa saja?

Dana Hiburan Atau Rekreasi

Ada saat bekerja, maka ada waktu liburan. Untuk berekreasi, anda butuh uang. Karena itu alangkah baik bila anda menyisihkan 5-10 persen untuk liburan 1-2 kali dalam setahun. Memiliki rekening tabungan tersendiri sangat membantu dalam mengelola keuangan.

Dana Darurat

Dana ini sangat penting dan sangat membantu saat anda menghadapi situasi darurat seperti berobat ke rumah sakit. Untuk slot ini, paling nggak kamu menabung sejumlah 3-6 kali pengeluaran pribadi atau pengeluaran keluarga setiap bulan. Anda bisa menyimpannya dalam rekening biasa atau deposito. Bila belum memiliki dana darurat, mulailah menabung hingga 30 persen gaji hingga dana itu terbentuk.

Dana Pensiun

Tabungan ini nggak kalah penting. Saat membuka rekening untuk dana pensiun, pastikan untuk menghitung berapa jumlah yang anda butuhkan saat pensiun nanti. Pertimbangkan faktor kesehatan dan kebutuhan saat menjadi warga senior beberapa puluh tahun mendatang. Tentu kebutuhan anda bakal berbeda dari saat ini. Karena itu, selainkan BPJS Ketenagakerjaan, anda juga disarankan untuk mempersiapkan dana persiun mandiri. Dengan memiliki tabungan masa depan, masa tua anda akan lebih terjamin.

Dana Untuk Tujuan Jangka Pendek

Dana untuk kebutuhan ini biasanya dibutuhkan untuk menutupi hal-hal yang ingin anda beli di waktu depan. Misalnya, anda sedang ingin mengumpulkan DP untuk rumah atau mobil untuk 2-4 tahun ke depan. Nah, sangat penting untuk membuat rekening tabungan untuk hal ini. Tujuannya adalah agar kamu bisa mengawasi jumlah yang kamu tabung tepat waktu atau enggak.

By |2018-10-18T09:18:24+00:00October 16th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment