Cara Unik Hemat Kelola Uang Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Unik Hemat Kelola Uang Yang Wajib Anda Ketahui

Dompet memang seperti benda ajaib yang bisa menampung berbagai macam benda penting yang kita perlukan. Mulai dari uang kertas, uang receh, kartu debit, kartu kredit, kartu identitas, sampai nota-nota belanja yang sudah setahun pun ada di dalam dompet kita. Nah, dengan mengatur isi dompet bisa membuat anda jadi lebih hemat sehingga dapat menabung tabungan masa depan. Berikut beberapa caranya.

Bawa Uang Pecahan Besar

Menurut penelitian yang dilakukan University of Maryland, di Amerika Serikat, seseorang biasanya berpikir dua kali ketika harus membeli sesuatu dengan uang pecahan besar.

Pisahkan Uang Logam

Sebelum beraktivitas di pagi hari, biasakan untuk menghitung uang yang ada di dompet, termasuk uang receh. Tujuannya adalah supaya mempermudah anda melakukan transaksi, seperti membayar tiket kereta, makan siang, dan lain sebagainya. Pisahkan uang logam dari uang kertas dengan cara menyimpannya di dompet terpisah yang dikhususkan untuk menyimpan uang logam saja.

Pakai Dompet Tipis

Anda pernah terpikir buat beli dompet baru yang sedikit slot kartunya? Coba deh! Cara ini akan membantu anda mengurangi jumlah kartu yang selalu dibawa dalam dompet. Anda pun bisa lebih hemat. Apalagi kalau dompet tipis mulai terlihat bengkak. Ini bisa menjadi alarm untuk anda supaya segera mengevaluasi lagi isi dompet.

Jangan Taruh Nomor Pin Di Dompet

Keuangan anda bisa langsung berantakan kalau anda sembarangan menyimpan nomor pin rahasia. Oleh karena itu, hindari menyimpan nomor pin kartu ATM, kartu kredit dan kartu penting lainnya di dalam dompet. Kenapa? Kalau dompet anda hilang, si pencuri tentu saja bisa tahu nomor PIN tersebut dan mengambil semua uangmu. Kalau memang mau dicatat, sebaiknya catatlah di atas secarik kertas dan simpan di rumah, di tempat tersembunyi.

Susun Uang Kertas

Gimana caranya menyusun uang kertas dalam dompetmu supaya gak bercampur-campur? Coba deh, atur uang kertas dalam dompet di posisi sama. Lalu urutkan dari pecahan kecil sampai ke pecahan besar. Cara ini akan memudahkan anda untuk mengetahui berapa banyak uang di dalam dompet dan sudah berapa banyak uang yang anda habiskan dalam sehari.

By |2018-11-01T03:06:38+00:00October 24th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment