Kurangi Belanja Yang Tidak Perlu Untuk Tabungan Masa Depan Kita

Kurangi Belanja Yang Tidak Perlu Untuk Tabungan Masa Depan Kita

Sadarkah Anda, bahwa setiap bulannya Anda banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Padahal, Anda bisa menabung dari hal-hal kecil tersebut. Semisal untuk kartu debit, jika kartu debit Anda memerlukan biaya bulanan yang besar, maka tanyakan pihak bank apakah Anda bisa menukarnya dengan biaya bulanan yang lebih kecil.

Terakhir, cari daftar layanan internet dengan koneksi stabil di area tempat tinggal Anda, kemudian ambil layanan yang menawarkan harga termurah. Terkesan pelit, namun hal-hal ini bisa mengurangi beberapa ratus ribu dari pengeluaran Anda yang mungkin bisa tabung untuk tabungan masa depan nanti.

Nah, untuk hari ini, cukup cari tahu apa pengeluaran favorit Anda. Semisal, beberapa orang senang menghabiskan uang dengan pergi ke bar favorit tiap akhir pekan, sedangkan beberapa orang lainnya tak peduli jika harus membeli segelas kopi hangat setiap pagi di kafe favorit. Masalahnya Anda tak sadar berapa banyak uang yang Anda habiskan untuk hal-hal tersebut.

Bukannya tidak boleh, namun jika Anda memang ingin menabung, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut. Buat target yang spesifik setiap bulannya, supaya Anda tetap bisa mengeluarkan uang tanpa perlu menghambur-hamburkan uang. Semisal jika Anda memang senang untuk mencoba kuliner tiap akhir pekan, maka cari kupon promo di website yang menjual kupon promo restoran.

Menabung itu seperti lari maraton, garis  finish-nya terlihat begitu jauh sampai-sampai terkadang Anda tergoda untuk berhenti di tengah jalan. Nah, jika Anda memang ingin menabung, cobalah untuk mencari tahu alasan apa yang biasanya membuat Anda gagal menabung, lalu cari cara supaya Anda tidak keluar jalur.

By |2018-11-01T08:53:30+00:00October 26th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment