Cara Mudah Menyiapkan Dana Pensiun Anda

Cara Mudah Menyiapkan Dana Pensiun Anda

Seringkali dana pensiun baru dipersiapkan saat usia tidak produktif lagi. Padahal menabung untuk masa pensiun penting dilakukan sejak dini. Dengan menyisihkan uang di usia produktif, Anda dapat memenuhi kebutuhan di masa pensiun layaknya hidup di masa produktif. Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk menyiapkan dana pensiun.

Buat Daftar Anggaran

Dari penghasilan yang Anda terima per bulan, coba buat daftar anggaran pengeluaran, termasuk tagihan yang harus dibayar setiap bulan, seperti telepon, listrik, dan air. Setelah anggaran dibuat, teliti lagi pengeluaran mana saja yang dapat dikurangi dan jangan biarkan Anda selalu mengeluarkan uang untuk hal yang tidak begitu penting. Dalam anggaran tersebut, sisihkan penghasilan tiap bulan untuk ditabung. Dengan menerapkan daftar anggaran, dana pensiun yang Anda simpan akan banyak dan sangat berguna di usia tak produktif nanti.

Berani Berinvestasi

Menyiapkan dana pensiun juga dapat dilakukan dengan berinvestasi. Namun, Anda harus berani mengambil risiko yang kemungkinan akan didapat. Untuk itu, kenali lebih dulu karakteristik diri Anda, apakah Anda termasuk investor konservatif, moderat, atau agresif. Tipe konservatif merupakan investor yang tidak ingin kehilangan uang pokok sama sekali, rela mendapatkan hasilyang kecil sekali asal dana aman. Jenis investasi yang cocok untuk investor konservatif adalah tabungan dan deposito. Deposito memiliki banyak keunggulan seperti resiko yang rendah. Beberapa pihak bank memiliki progam deposito berhadiah kepada nasabahnya.

Tingkatkan Tabungan

Saat mendapatkan bonus, uang lebih, atau kenaikan gaji, alokasikan dana tersebut untuk tabungan pensiun daripada membelanjakannya. Hal tersebut akan membantu Anda untuk memiliki hidup yang layak dan makmur saat masa pensiun nanti.

Variasikan Dana Simpanan

Selain mengenal karakteristik investor dalam diri Anda, cobalah belajar diversifikasi dan realokasi, dua strategi investasi yang akan membantu simpanan uang Anda tumbuh seiring berjalannya waktu. Investasikan sisa pendapatan dalam produk-produk finansial yang bervariasi, daripada hanya satu jenis investasi saja. Contoh investasi yang bisa Anda ambil adalah reksa dana, deposito, dan asuransi. Cek juga tabungan pensiun Anda untuk mengetahui penambahan yang cukup signifikan. Lakukan hal ini setidaknya enam bulan sekali.

By |2018-11-05T02:15:55+00:00November 5th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment