Cara Berhemat Untuk Para Fresh Graduate Yang Baru Pertama Kali Bekerja

Cara Berhemat Untuk Para Fresh Graduate Yang Baru Pertama Kali Bekerja

Baru mulai bekerja dan bisa menghasilkan uang sendiri pasti sangat menyenangkan. Tetapi, kondisi ini juga berarti anda harus lebih mandiri, terutama dalam mengelola keuangan. Mempelajari tips mengatur keuangan fresh graduate akan sangat berguna. Terutama bagi anda yang mendapatkan pekerjaan.

Fresh graduate atau orang yang baru lulus memiliki beberapa tingkatan. Dan setiap tingkatan akan memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam mengelola keuangan. Beberapa langkah ini bisa dilakukan fresh graduate yang baru bekerja dalam mengatur keuangan mereka.

Memiliki Rekening Untuk Tabungan

Pisahkan dana tabungan masa depan dalam rekening tersendiri. Usahakan tidak mengutak-atik uang dalam rekening ini. Untuk kebutuhan sehari-hari, simpan uang dalam rekening lain.

Rencanakan Bugdet

Pastikan anda memiliki budget pengeluaran setiap bulan. Buat rencana terperinci tentang berapa yang harus ditabung, berapa banyak untuk ongkos dan biaya makan serta keperluan lain. Dengan begitu, anda bisa teratur dalam pengeluaran uang.

Hemat

Walaupun sudah ada budget tabungan, jangan malas hidup hemat. Jadi, uangmu tidak akan habis sia-sia dan bisa digunakan dengan tepat. Bahkan jika masih ada sisa dari anggaran sehari-hari bisa kembali ditabung.

Usaha Kecil-Kecilan

Bila punya hobi memasak atau berkreasi, anda bisa manfaatkan waktu luang anda untuk menjalani bisnis kecil-kecilan. Sembari menghemat gaji dari pekerjaan anda, anda bisa mengumpulkan sedikit penghasilan dari hobi yang anda kuasai tersebut

Punya Dana Darurat

Selain tabungan, sebaiknya anda juga punya pos dana darurat yang rutin diisi setiap bulan. Dana darurat ini menjadi langkah antisipasi berbagai kemungkinan buruk. Misalnya, anda tiba-tiba sakit, maka dana darurat bisa dipakai untuk berobat.

By |2018-11-06T04:26:27+00:00November 6th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment