Langkah Yang Harus Anda Lakukan Setelah Meneriman THR

Langkah Yang Harus Anda Lakukan Setelah Meneriman THR

Bagi para karyawan kantor, salah satu momen paling ditunggu  menjelang Lebaran adalah pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). THR, seperti kepanjangannya yaitu Tunjangan Hari Raya, adalah sejumlah uang yang memang diberikan oleh pemberi kerja untuk para pegawainya sebagai dana tambahan untuk menutupi pengeluaran-pengeluaran selama Hari Raya Lebaran. Jumlah THR sendiri kebanyakan diberikan sama besarnya dengan gaji anda, tapi bisa juga lebih kecil jika anda menerima THR proporsional, atau mungkin lebih besar dari gaji sesuai dengan kebijakan kantor tempat bekerja.

Agar dana THR masih ada hingga Lebaran dan bisa ditabung tabungan masa depan, apa dulu yang mesti dilakukan? Coba ikuti cara berikut agar tidak terjadi yang namanya THR langsung habis menjelang Lebaran.

Bayar Utang!

Jika Anda punya kartu kredit, coba deh langsung lunasi semua tagihan yang ada. Begitu juga kalau Anda punya cicilan beberapa barang elektronik, Anda juga bisa langsung menghitung total cicilan dan menyisihkan dana THR untuk membayar cicilan tersebut. Punya utang pada orang tua atau teman, jangan tunda untuk membayarnya juga ya.

Sisihkan Untuk Persiapan Lebaran

Apa yang sudah disiapkan untuk Lebaran? Pakaian baru, tiket mudik, angpao untuk keponakan Anda? Agar tidak kelabakan saat Lebaran, pikirkan juga hal ini ya. Setelah membayar utang, siapkan bagian untuk menyambut hari raya ini.

Beramal

Kata orang bijak, di dalam rezekimu ada rezeki orang lain. Saatnya Anda mengamalkan ajaran ini dengan bersedekah. Anda bisa menyisihkan dana THR Anda untuk menyantuni fakir miskin atau anak-anak yatim piatu. Jika tak tahu ingin menyalurkan dana THR ke mana, Anda bisa mencoba beberapa yayasan sosial.

Pikirkan Tabungan Atau Investasi

Kalau punya uang lebih, jangan langsung dihabiskan. Anda harus memikirkan masa depan juga loh. Punya cita-cita ingin kuliah lagi? Ada rencana ingin menyelenggarakan resepsi pernikahan? Lihat juga, ada berapa dana darurat yang Anda punya? Ketika sudah dewasa, ada baiknya Anda tidak menggunakan konsep ‘kerja hari ini untuk hari ini’. Yuk, mulai lebih banyak menabung atau berinvestasi dengan Logam Mulia agar Anda punya simpanan.

Menyenangkan Diri Sendiri

Setelah berhasil menyelamatkan dana THR yang baru saja Anda terima, kini saatnya Anda menyenangkan diri sendiri. Anda bisa merencanakan jalan-jalan dengan sisa uang THR, atau membeli barang yang sudah Anda idam-idamkan sejak lama. Anda bisa juga mengunjungi salon atau spa untuk agar tampil cantik saat Lebaran nanti. Dengan cara ini, meski habis, uang THR Anda terdistribusi dengan baik.

By |2018-11-09T07:35:59+00:00November 9th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment