5 Rahasia Berhemat Yang Sering Terlupakan Banyak Orang Saat Berbelanja

5 Rahasia Berhemat Yang Sering Terlupakan Banyak Orang Saat Berbelanja

Belanja kebutuhan rumah tangga setiap bulannya memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan. Dengan tujuan memenuhi kebutuhan yang digunakan selama sebulan, tak jarang kegiatan belanja bulanan cukup menyita anggaran dan pemasukan yang ada. Bagi beberapa orang, belanja bulanan bisa menjadi ajang pemborosan. Kebutuhan yang banyak hingga tergiur barang diskon menjadi faktor yang menyebabkan keborosan terjadi. Padahal, kalau anda bisa berhemat, sisa uangnya bisa ditabung untuk tabungan masa depan lho!  Lantas, apa yang bisa Anda lakukan agar bisa lebih hemat saat belanja bulanan?

  1. Buat Catatan

Agar tidak membeli barang yang tidak-tidak, coba deh buat catatan berisi barang belanjaan yang harus dibeli sebelum pergi berbelanja. Meski Anda mungkin akan membeli sesuatu di luar daftar trersebut, namun dengan adanya catatan serta perkiraan biaya, hal ini akan menjadi pengingat tersendiri untuk Anda agar tidak terlalu boros dalam berbelanja.

  1. Ikut Menghitung Belanjaan

Bukannya tidak percaya dengan kasir supermarket. Dengan melakukan penghitungan ulang, Anda jadi bisa mengira-ngira berapa jumlah yang nanti akan Anda keluarkan saat di kasir nanti. Coba hitung secara manual menggunakan ponsel untuk belanjaan yang Anda masukkan dalam keranjang. Jika jumlahnya terlalu besar, Anda bisa mengurangi belanjaan dan menghemat pengeluaran.

  1. Berbelanja Dengan Perut Kenyang

Ya, berbelanja dengan perut yang kenyang bisa menghemat kegiatan belanja bulanan Anda, lho. Kalau sedang lapar, Anda mungkin akan tergoda untuk membeli berbagai makanan yang sebenarnya tidak penting-penting banget. Jadi, sebaiknya berbelanjalah setelah makan siang, sehingga Anda bisa mengurangi potensi jajan alias lapar mata.

  1. Berbelanja Di Jam Senggang

Berbelanja di jam senggang atau waktu yang tidak mepet dengan jam tutup supermarket juga bisa membuat Anda berhemat. Anda menjadi bebas dalam menghitung ulang dan memikirkan dengan tepat produk apa yang harus dibeli. Hindari berbelanja dengan terburu-buru karena nanti Anda terpaksa memasukkan semua barang ke dalam kasir tanpa menghitung ulang atau mempertimbangkan perlu-tidaknya barang tersebut.

  1. Berbelanja Di Tempat Langganan

Berbelanja di tempat langganan nyatanya bisa menghemat uang lho. Kenapa begitu? Anda jadi tidak harus berputar-putar dan menghabiskan waktu untuk mencari satu barang. Terkadang, ketika berputar-putar itulah, Anda tidak sengaja melihat barang lain di luar catatan belanja dan jadi tergoda untuk membelinya. Sudah jelas hal ini akan membuat belanjaan anda membengkak.

By |2018-11-12T02:12:10+00:00November 12th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment