Mempunyai Manajemen Keuangan Yang Baik Agar Menjadi Kaya

Mempunyai Manajemen Keuangan Yang Baik Agar Menjadi Kaya

Ada banyak orang yang ingin memiliki kekayaan berlimpah tetapi tidak dapat mengatur keuangannya secara bijak. Kalaupun ada orang yang mendadak menjadi kaya raya, tanpa manajemen keuangan yang baik maka kekayaannya hanya akan bertahan dalam waktu singkat. Banyak sekali peristiwa artis atau orang ternama yang mendadak bangkrut. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kesalahan investasi, salah memilih pengatur keuangan, dan sebagainya?

Sebaliknya, para miliarder yang pintar bersiasat dalam mengatur keuangan, harta kekayaannya terus berkembang dan tidak berkurang dari waktu ke waktu. Bagaimana caranya?Berikut strategi manajemen keuangan tersebut.

Selalu Berpikir Dalam Mengambil Keputusan

Para orang kaya memiliki kesamaan, yaitu tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan uang. Segala keputusan yang berhubungan dengan keuangan diambil setelah dipikirkan secara matang dan baik-baik.

Mereka tidak akan mudah tergoda untuk membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan atau tidak diinginkan sebelumnya. Kalaupun tertarik untuk membeli sesuatu karena ada promo atau apapun itu, maka mereka akan memikirkan dan menghitung bagaimana dampak pembelian tersebut terhadap kondisi keuangan.

Investasi Harus Jadi Prioritas

Kebanyakan orang sejak kecil diajarkan, menabung bisa bikin kaya. Bisa, Namun mungkin butuh waktu lama atau mungkin pupus di tengah jalan, Kenapa? Sebab saat menabung maka nilai uang yang kita miliki tidak akan berkembang secara pesat dan akan termakan oleh inflasi jika dilakukan dalam jangka panjang.

Sehingga nilai riil dari uang yang ditabung justru akan berkurang dan daya belinya menurun, mengingat harga barang-barang terus naik dari tahun ke tahun, alhasil uang tabungan tidak cukup untuk beli hal-hal sesuai keinginan kita. Sementara jika dibandingkan dengan orang kaya, mereka lebih banyak mengalokasikan uang untuk investasi dibanding menabung sebagai tabungan masa depan mereka.

Tentu ini merupakan langkah yang sangat baik, karena dengan berinvestasi baik membuka bisnis atau investasi di instrumen keuangan seperti investasi saham maka uang yang diinvestasikan bisa berkembang dan berlipat ganda dalam waktu yang singkat. Selain itu, dalam berinvestasi biasanya mereka juga berani mengambil risiko yang berpeluang memberikan hasil lebih besar di masa mendatang.

Punya Banyak Sumber Pendapatan

Manajemen keuangan dari miliarder lainnya yang membuat mereka makin kaya adalah, mereka tidak bergantung terhadap satu sumber pendapatan. Biasanya mereka memiliki sumber pendapatan dua atau lebih. Hal ini membuat mereka tidak kesulitan apabila salah satu sumber pendapatannya mendadak hilang atau menjadi kurang menghasilkan. Selain itu, semakin banyak sumber pendapatan maka semakin besar pula pendapatan yang dihasilkan setiap bulan sehingga kekayaan akan terus bertambah secara pesat.

By |2018-11-19T02:44:32+00:00November 19th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment