Kenapa Sebaiknya Anda Menyimpan Dana Di Deposito (Bagian 2)

Kenapa Sebaiknya Anda Menyimpan Dana Di Deposito (Bagian 2)

Mari kita lanjutkan pembahasanya.

Bunga Pasti

Deposito memang mirip seperti tabungan, bedanya Anda tidak bisa tarik tunai kapan saja dan bunga yang ditawarkan lebih besar. Jika tabungan biasa hanya 0,5 persen, maka bunga deposito bisa mencapai 5,75 persen. Artinya, jika anda mendepositokan uang sejumlah Rp 20 juta di akhir periode anda akan mendapatkan Rp 21,15 juta (bunga per tahun Rp 1,15 juta dan per bulan Rp 95.833).

Perhitungan bunga deposito lebih mudah dilakukan karena jangka waktu dan suku bunganya tetap. Selain itu, ada juga bank yang memberlakukan bunga deposito diterima di muka oleh nasabah.  Jadi Anda tidak perlu membayar penuh sesuai jumlah yang Anda ingin saat menempatkan uang di rekening deposito. Selain itu, beberapa bank memberi hadiah kepada nasabah yang memiliki tabungan deposito. Program itu disebut deposito berhadiah.

Bisa Patungan

Deposito bisa diterbitkan atas nama baik perorangan maupun lembaga. Beberapa bank bahkan memfasilitasi joint account, sehingga deposito bisa dibuka atas nama dua orang pribadi.

Bisa Diperpanjang Otomatis

Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai Anda mencairkan uang deposito. Meski demikian, deposito tergolong produk keuangan konservatif dan memiliki potensi hasil dibawah tingkat inflasi. Karena itu, akan lebih baik bila Anda mengambil jangka waktu maksimal satu tahun.

By |2019-01-02T01:53:42+00:00December 26th, 2018|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment