Anda Hemat atau Pelit Dalam Mengatur Keuangan?

Anda Hemat atau Pelit Dalam Mengatur Keuangan?

Hemat dan perhitungan dalam mengelola keuangan adalah hal wajib. Meski demikian, hemat berbeda dengan pelit. Bila rajin membaca biografi orang sukses, anda tentu terkejut betapa sederhana hidup Mark Zuckerberg, Bill Gates atau Warren Buffet.

Ketiganya bahkan tak pernah pindah rumah selama 30 tahun terakhir. Beberapa miliarder dunia juga tak pernah ragu menggunakan penerbangan ekonomi atau menumpang transportasi umum untuk pergi ke kantor. Meski demikian, mereka tidak pelit. Mereka selalu tahu perbedaan dua hal itu. Mereka tidak akan berpikir dua kali untuk investasi dan untuk kebutuhan masa depan. Mereka juga tak berpikir dua kali untuk menyumbang pada kegiatan-kegiatan sosial.

Hemat adalah pilihan gaya hidup yang bisa memberi keuntungan sekaligus untuk belajar lebih menghargai uang yang didapat dengan susah payah. Mungkin saat ini anda berat untuk menghemat uang karena anda jadi tidak bisa bersenang-senang. Tapi di masa depan anda akan merasakan manfaatnya karena tabungan masa depan yang anda tabung berjumlah banyak.

Memilih Barang Murah Tidak Sama dengan Hemat

Hemat terkait pembatasan pengeluaran. Namun, tetap harus melewati pertimbangan kualitas sebagai patokan pertama saat memilih suatu barang. Bila barang mahal namun sesuai kebutuhan dan waktu penggunaan, beli barang tersebut. Demikian, anda bisa menggunakannya untuk jangka waktu lebih lama.

Lakukan Pertimbangan Layaknya Melakukan Penghematan

Menjalankan gaya hidup hemat selalu disertai banyak pertimbangan. Khususnya saat berbelanja. Pengeluaran sekecil apapun akan sangat dipertimbangkan ketika menjalankan hidup hemat. Menjalankan pola hidup hemat berarti bijak menggunakan uang.

Mulai Berhemat untuk Bisa Merdeka Secara Keuangan

Hidup hemat bisa membantu anda bebas secara keuangan. Menerapkan hidup hemat mungkin membuat anda jarang ke kafe atau bioskop. Namun, tanpa sadar akan membawa anda pada kebebasan dari masalah finansial.

Hemat Bisa Membuat Kreatif

Berhemat juga bisa membuat anda lebih kreatif. Jika sedang mempersiapkan pernikahan namun anggaran minim, tanpa sadar anda akan bisa lebih kreatif mencari alternatif untuk mewujudkan pernikahan impian. Anda juga lebih kreatif mencari sumber dana tambahan.

Hemat Bikin Kaya, Pelit Bikin Miskin

Sifat pelit ternyata malah membuat anda kehilangan harta. Orang pelit biasanya berpikir bagaimana agar uang yang ia miliki tak berkurang. Orang tersebut akan merasa menjadi miskin, padahal memiliki banyak uang.

By |2019-01-04T09:41:15+00:00January 4th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment