Beberapa Cara Menghemat Uang Yang Sering Terlupakan (Bagian 2)

Beberapa Cara Menghemat Uang Yang Sering Terlupakan (Bagian 2)

Menghemat uang banyak sekali manfaatnya. Tentunya manfaat ini tidak kita nikmati saat ini. Di di masa depan kita akan bersyukur pernah bersusah payah mengumpulkan tabungan masa depan.

Sering-Sering Cek Harga Secara Online Sebelum Belanja

Kalau anda berencana belanja kebutuhan harian, usahakan cek harga dulu secara online di ponsel anda. Misalnya stok tepung terigu di rumah abis. Daripada langsung pergi ke supermarket, lebih baik cek dulu harga termurah secara online. Jika sudah dapat harga paling murah, anda bisa pilih supermarket yang menawarkan tepung terigu harga terendah. Atau kalau memungkinkan, anda bisa juga beli secara online.

Cabut Listrik Yang Tidak Digunakan

Pemakaian listrik sering disepelekan setiap harinya. Padahal, menghemat listrik adalah salah satu cara menghemat uang yang sederhana tapi dampaknya signifikan. Misalnya, kalau abis nonton televisi anda sering lupa mencabut kabelnya. Begitu juga saat mengisi daya ponsel dan alat pemanas nasi. Anda sering membiarkan kabelnya dalam kondisi standby. Padahal, kabel dalam posisi standby akan menyedot listrik juga. Ini tentu saja akan memakan biaya. Paling tidak cabut semua kabel listrik kalau gak dipakai. Begitu juga dengan penggunaan air conditioner (AC). Matikan jika emang gak digunakan.

Bijak Menggunakan Air

Walaupun anda mungkin tidak pernah kekurangan air, bukan berarti itu menjadi alasan untuk anda membuang-buang air. Pernah terbayang berapa liter air yang anda buang sia-sia? Ini kalau dikalkulasi bisa-bisa membuat Anda kaget sendiri. Ingat kata pepatah ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’. Pengeluaran yang tidak perlu walaupun sangat kecil jumlahnya, bisa-bisa menjadi sangat besar dalam waktu lama.

By |2019-01-08T08:09:16+00:00January 8th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment