Cara Merencanakan Keuangan Untuk Jangka Pendek (Bagian 1)

Cara Merencanakan Keuangan Untuk Jangka Pendek (Bagian 1)

Punya rencana lanjut kuliah atau liburan ke luar negeri dalam 2 atau tiga tahun ke depan, sebaiknya pakai tabungan berjangka atau deposito yah? Keduanya sama-sama bisa memenuhi tujuan keuangan jangka pendek. Bunga yang diberikan pun lebih besar dari tabungan biasa. Konsekuensinya, uang tak bisa diambil sewaktu-waktu. Bisa saja, tapi akan dikenakan biaya pinalti dan administrasi sehingga mengikis keuntungan yang didapatkan. Tapi, nasabah dapat memilih masa jatuh tempo yang dikehendaki.

Meski sekilas tampak serupa, keduanya punya banyak perbedaan yang cukup  besar. Sebelum memutuskan, berikut perbandingan tabungan berjangka dan deposito yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Suku Bunga Deposito Lebih Tinggi

Kebanyakan pembukaan rekening yang dilakukan nasabah adalah produk simpanan sedangkan deposito merupakan produk investasi. Lalu, apa pengaruhnya buat isi rekening anda? Walau tabungan konvensional memiliki bunga juga, namun tetap lebih rendah dibanding produk investasi seperti deposito. Umumnya deposito menawarkan suku bunga antara 5-6,5 persen per tahun, sementara tabungan konvensional sekitar 4 sampai 5 persen. Selain itu beberapa bank menawarkan deposito berhadiah. Yang tentunya ini akan semakin menguntungkan nasabahnya.

By |2019-01-09T02:49:12+00:00January 9th, 2019|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment