Cara Merencanakan Keuangan Untuk Jangka Pendek (Bagian 2)

Cara Merencanakan Keuangan Untuk Jangka Pendek (Bagian 2)

Perencanaan keuangan jangka pendek membuat kita lebih siap menghadapi apa-apa yang akan terjadi di waktu dekat, terutama dalam hal persiapan finansial.

Minimum Setoran Lebih Rendah

Baik deposito maupun tabungan konvensional tertentu menerapkan aturan penarikan setelah beberapa tahun ke depan. Anda juga bisa menentukan nominal setoran awal saat membuka tabungan atau deposito. Bedanya, rata-rata setoran pertama tabungan konvensional jauh lebih rendah dibanding deposito.

Deposito Dapat Dijadikan Jaminan Pinjaman

Saat ingin mengajukan pinjaman kepada bank atau lembaga lainnya, biasanya anda akan diminta jaminan pinjaman berupa aset. Saat tak memiliki aset sebagai jaminan, pengajuan kredit bisa terancam ditolak. Tapi selain aset, anda pun bisa menggunakan deposito sebagai jaminan. Dengan begitu, anda tak perlu mempertahankan barang berharga yang dimiliki.

Bagi pihak bank, pinjaman dengan deposito sebagai jaminan memiliki risiko yang lebih rendah sehingga bunga utang pun juga lebih rendah. Tapi, sebaiknya hanya menjadikan deposito sebagai jaminan saat kondisi mendesak. Sebab, manfaat bunga deposito akan hilang terkikis bunga kredit yang umumnya 2-3 persen lebih tinggi. Di sisi lain, tabungan berjangka tak bisa digunakan sebagai jaminan pinjaman.

Deposito Sebagai Langkah Awal Berinvestasi

Sebagai instrumen investasi, deposito cocok dipilih untuk investor pemula atau mereka dengan profil risiko konservatif. Imbal hasil yang didapat memang tak sebesar produk investasi lain, namun risiko kerugian pun cukup kecil. Apalagi dana yang disimpan telah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) sehingga tak perlu takut kehilangan dana. Segera miliki deposito untuk investasi aman dan mudah, terlebih jika ada program deposito berhadiah.

By |2019-01-10T03:45:31+00:00January 10th, 2019|article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment