Menabung Untuk Kehidupan Finansial Yang Lebih Baik Di Masa Depan

Menabung Untuk Kehidupan Finansial Yang Lebih Baik Di Masa Depan

Godaan untuk menghabiskan lebih banyak dari anggaran yang tersedia akan selalu ada. Diskon pakaian dan sepatu untuk wanita dan diskon barang untuk pria merupakan godaan yang tak tertahankan. Anda tetap bisa membeli barang tersebut jika punya celengan rahasia. Celengan rahasia (bentuk fisiknya tidak harus celengan, tapi bisa berupa amplop atau apapun untuk menyimpan uang) adalah kumpulan dari uang kembalian.

Jika dalam sehari Anda memasukkan Rp 5.000, dalam tiga bulan sudah terkumpul Rp 450.000. Cukup untuk membeli baju atau sepatu baru kan? Mungkin celengan terdengar kekanak-kanakan, tapi Anda akan terkejut betapa alat sederhana ini bisa membantu berhemat!

Jangan beli smartphone baru hanya karena sedang ada flash sale, atau barang mahal lainnya tanpa perencanaan matang. Hindari membuang-buang uang karena keinginan impulsif. Sebelum membeli sesuatu yang dirasa menguras tabungan, coba tanyakan hal berikut: Apakah Anda membutuhkannya? Apakah manfaat dari barang tersebut dapat Anda rasakan setiap hari? Apakah hidupmu akan terganggu jika tidak membelinya? Kalau jawabannya kebanyakan tidak, maka Anda tidak perlu membeli.

Saat menerima bonus, jangan berpikir Anda bisa membeli apapun yang Anda inginkan. Ganti pola pikirmu dengan melihat bonus sebagai kesempatan untuk mengisi pos dana darurat.

Juga pastikan Anda dilindungi asuransi, minimal asuransi kesehatan. Sedangkan investasi merupakan jaminan untuk masa depan keuangan Anda. Kalau Anda masih takut berinvestasi, cobalah memulai dengan membeli logam mulia seperti emas dan perak.

By |2019-01-22T07:50:45+00:00January 22nd, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment