Trik Memanfaatkan Gaji Anda Dengan Baik

Trik Memanfaatkan Gaji Anda Dengan Baik

Gaji selalu habis walau belum akhir bulan. Atau, selalu khawatir saat menghitung pengeluaran di akhir bulan? Jika alami itu semua, kabar baiknya adalah Anda tidak sendirian. Artinya, Anda menderita Mismanagement of Salary atau MoS. Kebanyakan penderita masalah keuangan ini merupakan warga di kota-kota besar yang sulit menyeimbangkan antara gaya hidup dengan penghasilan. Agar terhindar dari MoS, berikut tips mengelola gaji dan menghabiskannya sepenghasilan sehingga Anda dapat menabung tabungan masa depan.

Bikin Perencanaan Anggaran

Jangan tunggu sampai gaji turun untuk membuat anggaran. Justru membuat anggaran saat gaji sudah di tangan membuat Anda cenderung memasukan pembelian yang kurang perlu. Kelompokkan pengeluaran rutin, tabungan, dan investasi serta sisakan untuk dana darurat. Cara ini membantu Anda untuk mengontrol pengeluaran berlebihan. Namun harus diingat, jangan anggap perencanaan ini sekadar formalitas. Kalau Anda tidak benar-benar patuh pada rencana, siap-siap kembali mengalami MoS di akhir bulan.

Mulai Dengan Membayar Tagihan

Tagihan listrik, telepon, gas, merupakan prioritas yang harus segera dibayarkan. Sekarang ini kartu kredit dilengkapi fasilitas pembayaran otomatis, sehingga Anda tidak perlu khawatir telat membayar. Cara ini memudahkan Anda untuk menghitung sisa gaji setelah semua tagihan selesai.

Menggaji Diri Sendiri

Ya, ini mungkin terdengar aneh. Menggaji diri sendiri artinya menyisihkan untuk keperluan pribadi. Misalnya anggaran untuk karaoke, belanja, atau rekreasi. Setiap bulan Anda hanya boleh menghabiskan sesuai seperti yang sudah dianggarkan. Sekarang tidak ada lagi alasan untuk stres karena kurang bersenang-senang.

By |2019-01-23T09:22:21+00:00January 23rd, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment