Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga

Tips Menabung Ala Ibu Rumah Tangga

Mendedikasikan waktu secara penuh sebagai ibu rumah tangga? Nyatanya, menjalani profesi mulia ini bukanlah perkara mudah. Tidak hanya sekadar mengerjakan pekerjaan rumah serta mengurus suami dan anak, tetapi Anda juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam mengatur keuangan keluarga.

Tiap bulannya, Anda harus memastikan bahwa pendapatan dari suami cukup untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Mulai dari kebutuhan sandang, pangan, papan, iuran asuransi, cicilan kredit rumah dan mobil, pembayaran listrik, hingga kebutuhan sehari-hari.

Meski begitu banyak pos pengeluaran, Anda tentu tetap ingin ada dana untuk ditabung, bukan? Memang tidak mudah, apalagi jika pendapatan suami Anda terbilang pas-pasan untuk memenuhi semua kebutuhan rumah tangga. Begitupun, bukannya tak ada peluang untuk menabung.   Apa saja celah yang bisa dimanfaatkan? Mari telaah bersama, taktik menabung apa saja yang bisa diterapkan ibu rumah tangga.

Komitmen dan konsisten. Cara ini  yang paling sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga karena merupakan taktik menabung paling simpel. Anda hanya perlu komitmen dan konsisten menyisihkan uang dari anggaran belanja untuk ditabung.

Tidak perlu banyak-banyak, yang penting disiplin. Misalnya Anda komit untuk menyisihkan Rp10 ribu  atau  Rp20 ribu per hari dari uang belanja Anda. Jangan menunggu ada sisa, sisihkan terlebih dahulu sebelum mulai belanja.

Jika Anda konsisten, dalam satu bulan Anda bisa Rp300 ribu hingga Rp600 ribu, lho. Sangat lumayan kan? Coba hitung dalam satu tahun. Paling sedikit isi rekening Anda bisa bertambah Rp3.600.000. Bukankah menyenangkan melihat angka sejumlah itu di rekening?

Anda bisa simpan uang itu di celengan terlebih dahulu sebelum disetorkan ke bank. Pastikan Anda dan keluarga memiliki rekening khusus untuk tabungan.

By |2019-02-04T09:46:17+00:00February 4th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment