Cara Memprioritaskan Uang Untuk Menabung (Bagian 2)

Cara Memprioritaskan Uang Untuk Menabung (Bagian 2)

Selanjutnya,

Jangan Lupa Fokus Menabung

Menabung merupakan hal yang tak boleh sampai terlewatkan. Aturan umumnya, sebaiknya Anda menabung 10-15 % dari pemasukan yang Anda terima demi dana pensiun. Disaat sebagian besar orang lebih menyarankan untuk fokus melunasi utang-utang, maka jangan sampai lupakan menabung yang sangat berguna untuk masa depan. Tabungan masa depan sangat berguna untuk kepentingan Anda di masa depan.

Yang terpenting dalam menabung bukanlah seberapa banyak Anda menabung namun kapan mulai menabung.  Semakin dini menabung maka akan semakin banyak jumlah uang dalam tabungan masa depan yang Anda kumpulkan. Hal ini lah yang menyebabkan mengapa menabung biasa selama 40 tahun akan lebih banyak dibandingkan menabung banyak dalam jangka 20 tahun. Sehingga jangan tunda lagi keinginan untuk menabung.

Buat Rencana untuk Membayar Utang

Jika memiliki tumpukan utang-utang, maka sesegera mungkin lunasi utang-utang tersebut. Mulai lah fokus pada rencana untuk bisa melunasi utang ataupun menghasilkan banyak uang guna menutupi tumpukan utang tersebut. Sehingga bisa segera bebas dari lilitan utang. Ada 2 cara yang mungkin bisa Anda coba, mulai kurangi pengeluaran sehari-harinya  atau menaikkan pemasukan yang diterima setiap bulannya.

Anda bisa mulai menaikkan pendapatan dengan cara mengajukan permohonan naik gaji, mencari pekerjaan baru, atau mencari pekerjaan tambahan. Anda juga harus mencoba untuk mulai memangkas pengeluaran sehari-harinya. Coba cek kembali daftar pengeluaran yang telah Anda lakukan, cari kebutuhan mana yang sekiranya kurang penting. Pangkas pengeluaran-pengeluaran tersebut. Setelah semua utang terbayar, jangan kembali lagi ke gaya hidup sebelumnya. Anda bisa mulai menyimpan penghasilan ke dalam tabungan darurat.

By |2019-03-06T02:56:23+00:00March 6th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment