Apa Bedanya Menabung Deposito Dan Tabungan Biasa?

Apa Bedanya Menabung Deposito Dan Tabungan Biasa?

Mungkin anda sering bingung, apa bedanya antara deposito dan tabungan biasa. Dua-duanya sama-sama cara untuk menyimpan uang di bank. Namun ada sedikit perbedaan konsep yang membedakan antara keduanya.

Perbedaan paling utama antara deposito dan tabungan biasa adalah waktu penarikan. Sebagai simpanan berjangka, deposito tidak bisa diambil kapan saja seperti tabungan. Deposito dirancang dengan jangka waktu tertentu, mulai dari 3 bulan hingga 2 tahun.

Bila anda menyimpan uang di deposito 3 bulan, maka Anda tidak bisa mengambil dana-dana disana sebelum waktu 3 bulan itu tercapai. Akan ada denda yang cukup besar jika anda menarik deposito sebelum waktunya. Penarikan deposito juga tidak bisa dilakukan ATM mana saja seperti tabungan biasa karena deposito hanya bisa ditarik dari bank dimana Anda menyimpan deposito tersebut.

Keduanya bisa digunakan untuk mengatur keuangan anda. Caranya adalah dengan memisahkan dana untuk kebutuhan jangka panjang seperti tabungan masa depan dengan kebutuhan rutin dan darurat. Dana untuk kebutuhan jangka panjang, disimpan dalam deposito yang lebih sulit untuk ditarik sedangkan kebutuhan rutin disimpan di tabungan.

Pihak bank biasanya menetapkan bunga yang lebih tinggi untuk deposito daripada untuk tabungan biasa. Jika bunga tabungan Anda biasanya habis termakan biaya administrasi, maka dengan deposito setidaknya masih ada sedikit keuntungan yang tersisa yaitu berupa bunga.

Selain itu, beberapa bank memiliki program deposito berhadiah, dimana kalau anda menabung deposito sekian banyak dalam sekian tahun, Anda bisa mendapat hadiah.

Bunga deposito yang lebih tinggi daripada tabungan biasa menjadikan sifat deposito berbeda dengan tabungan biasa. Deposito termasuk dalam golongan instrumen investasi. Walaupun dibandingkan profitnya dari instrumen investasi lain, potensi profit deposito adalah yang paling rendah, namun resiko investasi deposito juga yang paling rendah. Oleh karena itu, investasi deposito sangat cocok bagi mereka yang awam dengan investasi dan mereka yang tidak ingin mengambil risiko tinggi.

By |2019-04-15T03:42:30+00:00April 15th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment