Manfaatkan Fitur Ini Untuk Membantu Anda Mengontrol Uang Setelah Gajian

Manfaatkan Fitur Ini Untuk Membantu Anda Mengontrol Uang Setelah Gajian

Apa yang paling dinantikan setiap bulannya oleh para karyawan? Tentu saja saat menerima gaji, ya. Senang bukan rasanya saat mengecek rekening pada akhir bulan, dan melihat nominal rekening bertambah? Namun sayangnya bagi sebagian orang, hal ini hanya menjadi kebahagiaan semu semata. Gaji yang terlihat besar di awal tiba-tiba langsung menghilang begitu saja di minggu pertama, atau paling tidak di minggu kedua. Kira-kira apa yang harus dilakukan agar arus keuangan terdistribusi dengan baik?

Agar gaji tidak teralokasikan untuk hal yang tidak penting, sebaiknya Anda langsung melakukan auto debet untuk biaya-biaya yang sifatnya wajib dibayarkan setiap bulannya. Selain itu, seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, akan lebih jika Anda memiliki rekening tabungan khusus untuk menabung di tabungan rakyat BPR yang tidak dapat digunakan untuk berfoya-foya.

Jadwalkan auto debet ke rekening tabungan, agar gaji langsung otomatis ditransfer ke rekening khusus untuk tabungan, pembayaran premi asuransi, serta rekening penting yang melakukan pembayaran tagihan bulanan (misalnya tagihan air atau listrik). Tidak hanya itu, bagi Anda yang memiliki kartu kredit, jangan lupa untuk memasang fasilitas auto debet ke tagihan bulanan. Hal ini dilakukan agar Anda dapat membayar secara teratur dan terhindar dari jeratan utang kartu kredit.

Tapi fitur itu akan menjadi sia-sia kalau anda tidak tahu prioritas. Cari tahu apakah Anda rencana pengeluaran jangka panjang yang membuat Anda harus mulai menabung dari jauh-jauh hari, misalnya Anda sudah memiliki target untuk pergi berlibur dengan keluarga pada akhir tahun. Jika begitu, tentu saja Anda sudah tahu harus ada beberapa pos pengeluaran yang harus Anda pangkas,  bukan? Misalnya potong anggaran ‘hiburan’ agar bisa dialokasikan ke rekening tabungan sehingga uang tersebut bisa dijadikan dana untuk berlibur pada kahir tahun.

By |2019-04-26T03:48:55+00:00April 26th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment