Cara Menyiapkan Dana Pensiun Dengan Cepat Di Usia Muda

Cara Menyiapkan Dana Pensiun Dengan Cepat Di Usia Muda

Kira-kira pada usia berapa nanti Anda akan siap untuk pensiun? Pernahkah terbesit pertanyaan seperti ini? Jika Anda pernah berfikir tentang persiapan masa tua, langkah apa saja yang menurut Anda harus dilakukan agar masa pensiun Anda bahagia tanpa rasa khawatir.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana sebaiknya mempersiapkan pensiun dengan baik, kami dedikasikan artikel ini untuk memberikan Anda langkah-langkah persiapan pensiun sejak dini. Sekaligus, produk keuangan apa saja yang bisa Anda gunakan untuk mempersiapkan masa pensiun Anda.

Pertama, menyiapkan dana darurat. Mungkin Anda bertanya mengapa Anda membutuhkan persiapan dana darurat dalam proses mempersiapkan pensiun. Alasan utamanya adalah dana darurat ini bisa digunakan saat ada kebutuhan mendadak tanpa mengganggu tabungan  Anda.

Dalam mempersiapkan dana darurat ini Anda harus mengetahui berapa kira-kira biaya kebutuhan Anda dalam sebulan. Karena, setidaknya saat pensiun nanti, Anda harus memiliki dana darurat untuk kebutuhan selama enam bulan. Nantinya, dana ini bisa menjadi tambahan uang pensiun untuk menunjang kehidupan Anda di awal masa pensiun.

Kedua, melunasi segala hutang dengan segera. Pastikan Anda menjadikan pembayaran hutang sebagai prioritas setiap bulannya. Dengan menyicil pembayaran hutang tepat waktu, maka Anda bisa terbebas dari beban bunga. Anda juga bisa mempercepat pembayaran hutang jika tidak ada penaltinya.

Ketiga, memiliki investasi. Investasi penting untuk memiliki penghasilan secara tetap dengan pasif. Anda bisa mencoba deposito. Mungkin ada yang bertanya mengapa deposito menjadi pilihan dana pensiun yang harus dipertimbangkan? Deposito memiliki beberapa keuntungan jika dibandingkan dengan investasi lainnya.

Dengan deposito Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian secara tiba-tiba. Hal ini karena deposito tidak fluktuatif seperti saham. Oleh karenanya, produk keuangan ini cocok untuk Anda yang menginginkan ketenangan di masa pensiun tanpa takut akan kerugian tiba-tiba.

Di masa pensiun pastinya Anda menginginkan kepastian pendapatan setiap bulannya. Dalam deposito, Anda bisa memilih pembayaran bunga secara bulanan. Selain itu, besaran bunga yang dijanjikan saat Anda membuka deposito adalah pasti. Sehingga Anda bisa mengetahui pasti jumlah uang yang diterima tanpa memikirkan pengaruh fluktuasi pasar. Bahkan anda bisa berkesempatan memperoleh hadiah mahal seperti mobil dengan mengikuti progam deposito berhadiah.

Dana yang ada dalam deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi jika terjadi apa-apa, dana Anda tetap aman karena diganti oleh LPS.

By |2019-05-10T02:24:53+00:00May 10th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment