Kalau Kita Pandai Mengatur Kebutuhan Sehari-Hari, Tabunganku Akan Banyak

Kalau Kita Pandai Mengatur Kebutuhan Sehari-Hari, Tabunganku Akan Banyak

Mengatur segala kebutuhan dan membuat pembukuan bulanan juga harus dilakukan demi membuat gaji cukup untuk menutup segala kebutuhan setiap bulannya. Belum lagi tagihan atau cicilan lainnya serta biaya pendidikan. Bahkan, menabung harus dilakukan setiap bulan. Jika Anda masih bingung dengan bagaimana cara mengatur keuangan setiap bulannya, berikut ini tips hemat atur gaji untuk kebutuhan hidup dalam sebulan.

Prioritaskan Kebutuhan Anda

Beberapa hal yang harus Anda lakukan demi mengatur uang gaji selama sebulan adalah membagi dua gaji Anda. Membagi dua gaji ini sangat bermanfaat demi mengatur jalannya uang setiap bulannya. Jika sudah memiliki pasangan hidup, mintalah pasangan Anda untuk bekerja sama dalam mengelola gaji tersebut.

Siapkan List Belanjaan

Langkah kedua adalah menyiapkan list belanja atau daftar belanjaan agar nantinya Anda bisa tahu apa saja barang yang dibutuhkan selama satu bulan atau 30 hari ke depan. Pastikan jika Anda membuat daftar belanjaan yang rapi dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Bedakan Antara Kebutuhan Dan Keinginan

Langkah yang ketiga adalah membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan agar nantinya Anda tidak konsumtif dan tekor belakangan. Jangan menganggap hal ini remeh. Sebab jika Anda meremehkan hal ini, nantinya akan menjadi masalah bagi diri sendiri. Pastikan jika apa yang Anda beli adalah barang yang memang dibutuhkan. Pastikan juga kalau apa yang menjadi kebutuhan sudah terpenuhi.

Buat Dua Rekening

Buatlah dua rekening khusus. Mengapa hal ini harus dilakukan? Agar nantinya Anda bisa membedakan mana uang tabungan dan mana uang yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Ya, tentu saja tabungan tersebut akan memiliki dua fungsi yang berbeda. Yang satu untuk menabung dan yang satu untuk menyimpan uang reguler atau uang belanja bulanan Anda. Jangan ragu untuk membuat dua tabungan yang berbeda. Anda juga bisa memilih jenis tabungan dengan potongan yang minim agar nantinya uang Anda tidak banyak terpotong setiap bulannya.

Tabung Uang Anda

Langkah yang terakhir adalah menabungkan uang yang tersisa. Menabung adalah kegiatan yang wajib dilakukan demi memenuhi kebutuhan mendadak di masa depan. Tabungan masa depan akan sangat bermanfaat pada masa tua Anda atau bisa juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan mendadak lain seperti jika ada anggota keluarga yang sakit, kecelakaan, atau bahkan membutuhkan dana yang tidak sedikit demi suatu kepentingan yang mendadak.

By |2019-05-15T01:55:36+00:00May 15th, 2019|Categories: article|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment