Langkah Mengelola Keuangan Supaya Jadi Kaya

Langkah Mengelola Keuangan Supaya Jadi Kaya

Semua orang tentu ingin jadi kaya. Memiliki uang membuat anda merasa lebih terjamin akan masa depan anda karena ditopang oleh tabungan masa depan.

Namun, tidak ada yang instant dalam proses tersebut. Ya dalam mencapai kekayaan tidak ada yang instant, semua perlu proses. Yang bisa kita lakukan adalah mempercepat proses tersebut Selagi orang-orang di sekeliling anda masih berleha-leha. Yuk intip beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mencapai kekayaan yang anda inginkan.

Disiplin terhadap anggaran yang sudah dibuat

Hal pertama kali yang bisa anda lakukan dalam mempercepat mencapai kekayaan yang hakiki adalah disiplin terhadap anggaran yang sudah anda buat. Bila belum memiliki anggaran, mulailah bersegera untuk memiliki anggaran dalam keuangan anda.

Tujuannya adalah untuk mempermudah dalam men-tracking pengeluaran anda. Dengan membuat anggaran serta pos-pos keuangan sedari awal, anda seharusnya lebih mudah dalam mengendalikan pengeluaran.

Men-tracking pengeluaran dapat menjadi solusi jitu dalam mengenali kelemahan anda dalam mengelola keuangan karena umumnya ada kebocoran yang kerap terjadi di setip bulannya.

Kita harus mampu mengendalikan ‘ingin’ kita, jangan sampai kita yang dikendalikan oleh rasa ‘ingin’. Bila setiap bulan masih terjadi kebocoran keuangan, anda perlu memperbaiki metode mengelola keuangan dengan metode klasik yang sederhana yaitu metode 50:20:30. Metode ini bisa dipraktekan oleh siapapun dengan latar belakang apapun.

Sebanyak 50% untuk kebutuhan pokok, Setelah menerima gaji bulanan, sesegera mungkin pisahkan 50% pertama untuk kebutuhan hidup anda. Kebutuhan hidup yang benar-benar pokok, mulai dari makan, transportasi, hingga kebutuhan kamar mandi.

Harus diingat, bagian 50% pertama ini adalah untuk kebutuhan primer, bukan untuk jajan, belanja-belanja yang belum perlu atau lainnya.

Sebanyak 20% untuk Tabungan. Seperti kata orang tua kita, “Nabung, nabung, dan nabung!”. Ya inilah saatnya ketika anda menerima gaji dan mulai memisahkan 50% untuk kebutuhan primer, saatnya anda mulai masukan ke dalam pos tabungan.

Jadikan kebiasaan ini sebagai bagian dari gaya hidup, sehingga anda dengan mudah terbiasa mengeluarkan tidak hanya untuk belanja, tapi masuk ke dalam tabungan khusus. Maksud dari tabungan khusus adalah terpisah dari rekening untuk gajian dan belanja.

Selain itu kita harus berani berinvestasi. Masih banyak masyarakat yang ragu ketika mendengar kata investasi. Padahal “cuma” menabung saja tidak akan membuat anda bertambah kaya, bisa lebih sulit malah. Kita sama-sama tahu bahwa inflasi tidak sebanding dengan return yang diberikan oleh bank.

Mau nggak mau, anda harus mulai memberanikan diri untuk berinvestasi. Tentunya bukan tanpa modal pengetahuan. Anda harus terlebih dahulu membuka pikiran untuk menerima informasi baru mengenai dunia investasi.

Dengan pengetahuan yang tepat, nantinya anda bisa mulai memberanikan diri untuk berinvestasi di pasar modal seperti reksadana sampai dengan saham. Tingkat pengembalian investasi yang variatif setiap tahunnya Tentu bakal bikin uang anda selamat dari inflasi kan.

Salah satu contoh investasi yang rendah resiko adalah deposito. Bahkan ada beberapa bank yang mempunya progam deposito berhadiah.

By |2019-05-20T03:47:46+00:00May 20th, 2019|Categories: article|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment