Trik Mengelola Uang Untuk Tabungan Masa Depan (Bagian 1)

Trik Mengelola Uang Untuk Tabungan Masa Depan (Bagian 1)

Gajian adalah saat-saat yang menyenangkan bagi semua orang, tidak terkecuali Anda. Anda pasti merasa bangga ketika bos Anda memberikan gaji pertama. Anda akan tersenyum puas saat hasil kerja keras Anda tercetak dalam bentuk nominal menakjubkan di rekening tabungan. Tapi janganlah Anda berpuas diri dengan menghabiskannya tatkala telah menerima gaji tersebut.

Masih banyak kebutuhan yang Anda perlu rencanakan. Mungkin memang terlihat abstrak, tetapi percayalah. Anda perlu mengatur gaji Anda sebelum Anda menggunakannya. Ada beragam hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut ini adalah 4 tips jitu mengatur gaji untuk masa depan Anda. Berikut referensinya.

Buat Prioritas

Saat terima gaji, prioritaskan hal-hal yang wajib Anda penuhi. Pertama adalah tagihan sehari-hari, baik itu tagihan air, gas, listrik, internet, tv kabel dan berbagai keperluan Anda sehari-hari selama sebulan. Pastikan tidak ada tagihan yang terlewatkan. Selanjutnya, bayarlah hutang Anda. Percayalah bahwa membayar hutang adalah hal yang penting untuk Anda lakukan. Hutang yang berlarut-larut tidak Anda bayar akan membuat perasaan Anda tidak tenang. Jika Anda berhutang dengan pihak bank, penuhilah sesuai tanggal yang ditetapkan. Jangan menunda pembayaran atau Anda justru akan dikenai bunga lebih besar atau bisa jadi tersangkut masalah hukum.

Atur Pengeluaran

Pengeluaran menjadi hal yang tidak terelakkan dalam manajemen finansial Anda. Perhatikan dengan baik pengeluaran yang Anda buat. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati gaji Anda. Anda tetap perlu dan wajib untuk menikmati hidup. Belilah barang yang Anda butuhkan, namun jangan turuti semua keinginan Anda. Buatlah anggaran pengeluaran maksimal 40%, sudah termasuk dengan pengeluaran untuk memanjakan diri sendiri dan jangan melebihi dari itu.

Selain itu, jangan tergiur dengan iklan kredit yang kerapkali Anda terlihat murah dan menguntungkan. Untuk itu, sebaiknya belilah barang secara tunai. Caranya, dengan menyisihkan sedikit demi sedikit gaji Anda setiap bulan untuk membeli barang yang Anda inginkan.

By |2019-05-28T01:48:32+00:00May 28th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment