Trik Mengelola Uang Untuk Tabungan Masa Depan (Bagian 2)

Trik Mengelola Uang Untuk Tabungan Masa Depan (Bagian 2)

Kalau Anda termasuk orang yang sulit menabung, tenang saja anda bukan satu-satunya orang yang merasakan hal seperti itu. Menabung memang bisa dikatakan sulit dalam mengaplikasikannya karena memang melakukan hal seperti menabung membutuhkan kesadaran ekstra dan kemauan yang ditanam sejak dini. Ada pepatah yang mengatakan “semakin dini anda menabung maka semakin banyak pula tabungan di masa depan nanti”. Oleh karena itu, selain memiliki tabungan yang banyak di masa depan dengan menabung juga anda bisa menikmati manfaat menabung yang sangat banyak salah satunya dengan menabung anda bisa menentukan prioritas uang yang anda miliki.

Buat Laporan Keuangan

Catat setiap pemasukan dan pengeluaran Anda, termasuk jumlah pengeluaran makanan Anda setiap hari. Terdengar sepele memang, tapi dengan membiasakan diri mencatat laporan keuangan dengan detail, membuat Anda menghargai setiap uang yang Anda keluarkan. Untuk memudahkan Anda, simpanlah dengan rapi struk belanja Anda di amplop tersendiri beserta dengan catatan pengeluaran yang lain.

Menabung

Sudah menjadi kewajiban Anda untuk menabung. Menabung memiliki banyak manfaat, terutama untuk membangun masa depan Anda. Anda tentu tidak ingin selamanya bekerja bukan? Di hari tua pasti Anda menginginkan ketenangan dan menikmati hari-hari tua Anda dengan melakukan banyak hobi atau berkumpul dengan keluarga. Tentukan target usia Anda bebas finansial. Semakin besar uang yang Anda tabung semakin cepat kemungkinan Anda bebas finansial. Untuk tabungan masa depan, minimal Anda perlu menyisihkan 10% dari gaji Anda setiap bulannya.

By |2019-05-28T01:52:05+00:00May 29th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment