Sekilas Mengenai Uang Sebagai Nilai Tukar Barang Atau Jasa

Sekilas Mengenai Uang Sebagai Nilai Tukar Barang Atau Jasa

Sebelum adanya bank, orang-orang lebih merasa aman menyimpan uang di balik bantal atau kasur. Menyimpan uang di rumah dirasa lebih mudah di pantau dan gampang diambil jika perlu. Tetapi, cara menyimpan uang seperti ini sangatlah tidak aman.

Hingga saat ini, meskipun sudah banyak bank yang menawarkan jasa penyimpanan aman seperti deposito dan lain-lain, kebiasaan menyimpan uang di rumah, masih saja dilakukan.

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Dalam ilmu ekonomi modern, uang didefinisikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Secara kesimpulan, uang adalah suatu benda yang diterima secara umum oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran atas pembelian barang dan jasa, dan pada waktu yang bersamaan bertindak sebagai alat penimbun kekayaan.

Keberadaan uang menyediakan alternatif transaksi yang lebih mudah daripada barter yang lebih kompleks, tidak efisien, dan kurang cocok digunakan dalam sistem ekonomi modern karena membutuhkan orang yang memiliki keinginan yang sama untuk melakukan pertukaran dan juga kesulitan dalam penentuan nilai.

By |2019-07-05T03:07:16+00:00July 5th, 2019|Categories: article|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment