Produk Simpanan Deposito Sering Kali Menjadi Alternatif Yang Ideal

Produk Simpanan Deposito Sering Kali Menjadi Alternatif Yang Ideal

Produk deposito memang menawarkan keuntungan lebih daripada rekening tabungan biasa. Terutama sekali dalam hal bunga dan biaya administrasi. Kalau kita membuka rekening tabungan biasa, seringkali setiap bank akan mengenakan biaya administrasi per bulanya. Lain dengan deposito yang tidak ada biaya administrasi per bulanya. Belum lagi prosentase bunga yang ditawarkan deposito lebih besar dibandingkan tabungan biasa, dan tentunya akan lebih menarik kalau ada deposito berhadiah.

Seperti yang dikatakan tadi, yang sering menjadi pertimbangan untuk pemilihan produk deposito adalah bunga yang ditawarkan. Bunga deposito biasanya lebih tinggi dari pada tabungan biasa. Namun tidak seperti tabungan biasa yang membebaskan anda untuk mengambil uang kapanpun, produk deposito memiliki jangka waktu pengambilan sesuai jangka waktu yang telah disepakati. Jika anda menarik uang deposito di luar jangka waktu tersebut, maka terdapat biaya atau denda yang harus anda bayar. Namun anda tidak perlu khawatir mengenai hal itu, jika anda hendak menjadikan tabungan deposito sebagai tabungan masa depan anda, tentunya anda tidak perlu tergesa-gesa untuk menariknya bukan?

Deposito adalah  salah satu bentuk investasi tabungan masa depan dengan resiko kecil. Melalui tabungan deposito berjangka, anda dapat menjaga nilai pokok uang anda. Hal ini berbeda dengan investasi dalam bentuk saham atau obligasi, dimana ada kemungkinan nilai pokok anda berkurang. Baik saham maupun obligasi, nilai pokok uang anda sangat tergantung pada pergerakan suku bunga.

Cara terbaiki memilih jangka waktu tabungan deposito adalah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya, ketika anda memfungsikan tabungan deposito sebagai dana darurat, maka jangan memilih jangka waktu yang terlalu lama, misalnya 24 bulan. Jika sewaktu-waktu anda membutuhkan dana, anda membutuhkan waktu untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang diajukan. Memang beberapa bank tidak membutuhkan persyaratan yang membutuhkan waktu lama, namun jika kondisi darurat anda sangat mendesak tentulah sedikit mengganggu. Maka dari itu, jika deposito anda fungsikan sebagai dana darurat, pilihlah jangka waktu paling pendek misalnya 1 bulan.

By |2019-07-11T02:58:25+00:00July 11th, 2019|Categories: article|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment