fbpx

Cara Pintar Menabung Untuk Anak Kost

Cara Pintar Menabung Untuk Anak Kost

Mahasiswa identik dengan yang namanya kosan. Bagi mahasiswa yang datang dari luar kota, kosan sangat penting karena menjadi tempat tinggal selama dirinya menimba ilmu di kampusnya. Bagi yang lainnya, kosan biasa dijadikan tempat untuk kerja kelompok atau tempat istirahat menunggu sesi mata kuliah selanjutnya dimulai.

Bagi mahasiswa perantau, tentu harus bisa menjalani hidup dengan uang terbatas. Selain untuk mencukup hidup selama 1 bulan, mahasiswa perantau wajib membayar tempat tinggal sewa atau kosannya.

Untuk itu, menjadi seorang anak kosan atau perantau tentunya kamu harus hemat dalam segi pengeluaran dan menahan untuk membeli sesuatu yang kita inginkan itu tidaklah mudah, bahkan untuk kamu hidup di kota besar harus memiliki trik untuk bertahan dengan keuangan kamu saat ini.

Pisahkan Jatah Uang Dari Orang Tua

Misalnya, kamu mendapatkan jatah Rp 500.000 seminggu, kenapa tidak menyisihkan Rp 100.000 setiap diberi. Kamu bisa menghemat dari pembelian yang tidak perlu, serta bisa menggunakannya di lain hari untuk kebutuhan yang mepet.

Menabung Di Berbagai Tempat

Selain menyimpan saldo di bank, yang mungkin menggoda untuk diambil setiap cek ATM, coba simpan uang di kamar kos. Misalnya di tempat-tempat handmade dari kaleng dan dus bekas makanan. Taruh penyimpanan itu juga di kolong meja belajar atau lemari baju.

Belanja Secukupnya

Belanja secukupnya yang dimaksud adalah membeli barang-barang yang kamu butuhkan. Tidak perlu tergesa untuk belanja hal yang diinginkan. Pasang pengingat dengan kertas yang ditempelkan di dinding kamar, mengenai kebutuhan apa saja yang harus dibeli dan tidak. Bisa juga membuat notes di handphone Anda agar lebih praktis dan mudah.

Jangan Berfoya-Foya

Tentu saja jadi mahasiswa anak kos akan sulit mengatur keuangan. Jika Anda ingin menghargai hasil jerih payah orang tua, hargailah dengan tidak membeli rokok, minuman keras, apalagi narkoba. Hindari bermain-main, pesta, yang hanya menghabiskan uang.

Menabung Uang Recehan

Jangan remehkan uang recehan, wahai anak kos. Dari lulus SMBTN , sebaiknya receh ditabung dalam suatu wadah agar terkumpul dan rapi nantinya. Tanpa sadar, uang dari kembalian itu bisa berguna saat sudah terkumpul banyak. Setelah terkumpul uang itu dapat Anda tukarkan di warung atau minimarket.

Berpuasa

Maksud dari berpuasa disini ialah menahan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan oleh Anda. Juga menahan diri dari beli makanan yang sekadar hits.

By |2019-07-18T06:45:07+00:00July 18th, 2019|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment