fbpx

Menraktir Juga Ada Caranya Agar Tidak Tekor

Menraktir Juga Ada Caranya Agar Tidak Tekor

Kalau mau menraktir orangtua, keluarga, atau teman harus tahu dulu kapan waktu yang tepat. Jangan setiap hari dan setiap saat. Contohnya saat kamu mendapat gaji pertama, ulang tahun, dapat uang bonus, naik jabatan.
Momen-momen tersebut boleh kamu rayakan dengan mentraktir orang-orang terdekatmu. Tentunya sebagai ucapan rasa syukur dan terima kasih. Berbagi kebahagiaan bersama.

Jadi, frekuensinya tidak sering. Hanya waktu-waktu tertentu saja. Tidak boros karena selalu menggelar pesta kecil-kecilan.

Bagi beberapa orang. Misalnya untuk orangtua Rp 300 ribu, teman kantor Rp 500 ribu, dan sisanya Rp 200 ribu untuk sahabat. Atau pembagian yang dapat kamu sesuaikan dengan jumlah orang dan bentuk traktirannya.
Bila ingin merayakan dengan pesta agak besar, kamu dapat merencanakan anggarannya sejak jauh-jauh hari. Sisihkan 10 persen dari gajimu sebulan. Maka jika diakumulasikan setahun, kamu punya dana yang cukup besar untuk menraktir di acara ulang tahunmu.

Kalau bujetnya tidak banyak, batasi siapa saja yang bakal kamu traktir. Utamakan orangtua, teman kantor atau kuliah, atau sahabat terdekat saja. Tidak perlu semuanya kamu traktir karena merasa tidak enakan.
Kecuali kamu punya anggaran besar untuk ini. Misalnya gajimu Rp 20 juta, dapat bonus tahunan satu kali gaji. Lalu dipakai Rp 10 juta untuk menraktir, barulah kamu bisa mentraktir lebih banyak orang.

Traktiran tak perlu mewah. Kamu dapat mengajak makan ke tempat yang murah meriah, memanfaatkan promo atau diskon, atau membelikan makanan untuk sharing dengan teman lainnya. Pastinya sesuaikan dengan bujet.
Terkadang rencana tidak sesuai realita. Rencananya mau traktir sekian orang di restoran A, ternyata karena ada sesuatu hal, berubah haluan. Kemudian ada sisa dari bujet traktiran.

Sisa tersebut jangan dihabiskan. Masukkan sisa uang traktiran ke pos dana darurat. Lumayan kan mengisi tabungan dana daruratmu.

Jadi kalau suatu saat ada keperluan mendesak, kamu punya cukup dana darurat membiayai kebutuhan tersebut. Seperti saat pandemi dan resesi sekarang ini, di mana gaji dipangkas, sementara biaya hidup terus berjalan.

By |2020-11-20T04:18:01+00:00November 20th, 2020|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

Open chat
1
Chat dengan customer service kami
Halo, Selamat datang di BPR Gunung Rizki
Ada yang bisa kami bantu?