fbpx

Tingkatkan Kemampuanmu Dalam Berbelanja Agar Lebih Hemat Dan Tepat

Tingkatkan Kemampuanmu Dalam Berbelanja Agar Lebih Hemat Dan Tepat

Semua orang suka berbelanja. Namun hanya sedikit yang memiliki kemampuan belanja yang baik. Sehingga seringkali aktifitas belanja ini membahayakan kondisi tabungan masa depan yang seharusnya terkumpul dengan baik. Padahal berbelanja adalah aktifitas yang tidak dapat kita hindari. Selama kita memiliki kebutuhan tentu kita akan berbelanja. Maka dari itu kita harus dapat berbelanja dengan efisien untuk menjaga kondisi keuangan kita tetap baik untuk sekarang maupun di masa depan nanti.

Kebiasaan akan menentukan masa depan. Setidaknya seperti itulah kata orang bijak zaman dulu. Sepertinya kata-kata itu bukan lahir tanpa alasan. Kebiasaan kita memang akan sangat menentukan kita di masa depan. Seorang ahli komputer tentu karena ia terbiasa dengan komputer. Seorang ahli musik, tentu karena ia terbiasa dengan musik. Seseorang tidak mungkin (kecuali atas izin Tuhan) mendapat suatu keahlian tanpa adanya prosees pembiasaan.

Yang ingin dikatakan di sini adalah kita harus membiasakan diri untuk berbelanja efisien. Tentu saja membutuhkan proses untuk dapat melakukanya. Untuk itu sebaiknya memang kita rencanakan ketika kita akan berbelanja. Buat susunan apa saja yang akan dibeli. Tentu saja kita harus pilih yang benar-benar kita butuhkan, bukan yang sekedar kita inginkan.

Setelah itu fokuslah saat berbelanja dengan daftar yang sudah kita buat. Walaupun mungkin kita menyadari di tengah jalan ternyata ada yang lupa kita masukan ke dalam list sebelumnya, usahakan untuk tidak menurutinya kecuali memang kebutuhanya cukup penting. Mengapa demikian? Karena kalau kita tidak membiasakan diri untuk tegas terhadap diri sendiri, lama kelamaan list tersebut tidak akan berguna dan Anda tetap akan berbelanja dengan emosional yang mana cara berbelanja seperti ini tidak akan baik.

Kecerdasan dalam berbelanja mutlak dimiliki setiap orang. Terutama para wanita yang kodratnya memang suka berbelanja. Kemampuan berbelanja yang baik ini mencakup banyak hal. Memisahkan antara keinginan dan kebutuhan, menyesuaikan budget, timing dan lain sebagainya.

Ada solusi lain yang bisa membantu kita untuk menghindari hal tersebut. Salah satunya dengan membuat skala prioritas. Caranya, kamu hanya berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dibuat dalam catatan khusus. Dengan begitu, kita dapat menabung lebih banyak sehingga ada tabungan masa depan untuk kita nanti.

By |2019-10-10T07:06:10+00:00October 10th, 2019|Categories: article|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment