fbpx

Strategi Belanja Hemat Di Masa Pandemi, Demi Tabungan Masa Depan Kita

Strategi Belanja Hemat Di Masa Pandemi, Demi Tabungan Masa Depan Kita

Dalam situasi keuangan yang tidak menentu saat pandemi seperti ini, kita tentu perlu belanja hemat dan lebih cermat berbelanja. Sebab, jika semua kebutuhan di atas dipenuhi, namun pemasukan sedang tersendat, bisa-bisa hal itu akan menimbulkan masalah finansial baru, seperti dana darurat menipis, menguras tabungan, atau yang lebih parah, menambah utang. Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Nah, agar Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan secara bijak, simak strategi belanja hemat di masa pandemi berikut.

Hindari Belanja Dengan Utang

Tidak ada yang mengetahui sampai kapan pandemi akan berlangsung. Sehingga, tak ada pula yang bisa memprediksi hingga kapan ekonomi akan tertekan. Di tengah ekonomi yang lesu ini, penting agar Anda tidak menambah biaya. Karena itu, pantang bagi Anda untuk belanja dengan menggunakan utang, apalagi yang berbunga besar seperti kartu kredit, kredit tanpa agunan, atau pinjaman online. Upayakan untuk menggunakan kartu kredit hanya untuk cicilan 0% atau langsung bayar tagihan di bulan berikutnya. Ini untuk menghindari bunga yang menambah biaya.

Tentukan Prioritas Belanja

Jika ternyata keperluan yang ingin Anda beli lebih besar dari 10% budget yang telah Anda anggarkan, maka saatnya Anda membuat skala prioritas. Misalnya, di masa school from home (SFH) dan work from home (WFH) seperti sekarang ini, tentu kebutuhan internet lebih penting dari kebutuhan membeli AC tambahan. Anda juga bisa menangguhkan belanja sepeda agar bisa membeli kebutuhan yang lebih mendesak, yaitu perangkat gadget untuk mendukung SFH atau WFH.

Perhatikan Promo

Di masa pandemi seperti ini, banyak toko online dan marketplace yang memangkas harga dan menyediakan promo. Toko fisik di mal juga tak kalah menyajikan potongan harga dan membuka toko online agar produknya tetap laris di saat ekonomi lemah sekarang ini. Jadi, jangan buru-buru membeli barang. Cari dulu produk-produk yang Anda incar dan bandingkan harga produk tersebut di beberapa toko online atau marketplace. Ini bertujuan agar Anda mendapatkan harga terbaik.

By |2021-01-08T00:48:02+00:00January 8th, 2021|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

Open chat
1
Chat dengan customer service kami
Halo, Selamat datang di BPR Gunung Rizki
Ada yang bisa kami bantu?