fbpx

Kondisi Ekonomi Yang Sulit Membuat Kita Harus Pandai Menabung

Kondisi Ekonomi Yang Sulit Membuat Kita Harus Pandai Menabung

 

Dampakdari virus Corona tidak hanya sebatas pada kesehatan fisik manusia saja. Efek samping yang disebabkan oleh pandemik ini juga tidak kalah mengerikan. Ekonomi Indonesia maupun dunia saat ini sedang diuji. Ancaman resesi di berbagai negara sedang mengancam.

Untuk di dalam negeri sendiri kita merasakan betul bahwa kondisi perekonomian saat ini sedang terguncang. Apalagi bagi anda yang memiliki usaha-usaha di bidang pariwisata, hiburan, dan usaha lain yang offline, yang biasanya bertemu langsung dengan konsumen, tentu penurunan omset tidak dapat dihindarkan.

Bahkan sekelas perusahaan penerbangan ternama saja ada yang sudah mengumumkan bangkrut. Banyak karyawan terkena PHK. Banyak usaha tidak ada omset. Dollar naik. Ini tentunya kabar yang sangat tidak bagus.

Kalau anda tidak pandai dalam mengelola keuangan di saat seperti ini, bisa jadi anda akan terkena dampaknya juga.

Untuk itu perkecil pengeluaran Anda. Walaupun saat ini tabungan anda terlihat masih jauh dari cukup. Mengapa? Karena sampai saat ini tidak ada satupun orang yang dapat memastikan kapan berakhirnya pandemi ini. Bisa lebih cepat, atau bisa lebih lama dari perkiraan. 

Fokuslah hanya pada kebutuhan pokok terlebih dahulu. Untuk kebutuhan lain usahakan diperkecil. Tentunya bukan berarti tidak sama sekali. Misalnya kebutuhan akan hiburan di rumah bisa kita hemat dengan menonton film bersama-sama daripada masing-masing orang berlangganan streaming film dalam satu rumah.

Tentu saja kita semua berharap pandemi ini segera berakhir dan kita dapat menjalani kehidupan normal kembali. Tapi sambil menunggu itu kita harus bersabar untuk tidak boros dengan keuangan kita.

 

By |2020-05-15T03:17:34+00:00May 15th, 2020|Categories: article|Tags: |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment